kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemtan siapkan waduk Jatigede pasok air pertanian


Kamis, 21 April 2016 / 18:09 WIB
Kemtan siapkan waduk Jatigede pasok air pertanian


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kemtan) menyiapkan waduk Jatigede sebagai waduk yang dapat menyuplai kebutuhan air di daerah pertanian. 

Pasalnya, aliran air Waduk Jatigede berawal dari aliran Bendung Rentang di Majalengka yang merupakan pintu gerbang pembagian air bagi irigasi lahan pertanian dan suplesi ke sungai Cimanuk bagi kawasan pangan di Kabupaten Majalengka, Cirebon dan Indramayu.

Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Pertanian, Ani Andayani mengatakan, manajemen air irigasi yang bersumber dari Waduk Jatigede sangat penting dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kekeringan di saat musim kemarau. 

Ia bilang, kini telah dirancang tata kelola air irigasi sekunder di bendung yang sedang dilakukan modernisasi di dua lokasi yaitu Waladan dan Rambatan dan rehab di Bendung Rentang.

Menurut Ani, hal ini penting mengingat saat petani akan memasuki musim tanam 2 (MT II), yaitu periode Mei hingga Agustus 2016 dimana pada periode ini Waduk Jatigede akan mengalirkan air pada debit antara 21,47 meter kubik per detik hingga 116,89 m3 per detik. 

"Sehingga pemenuhan terhadap kebutuhan debit air bisa mencapai 64% hingga 100%," jelas Ani, Kamis (21/4).

Ani bilang, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk dan Cisanggarung, Kementerian PUPR akan melakukan sistem buka tutup pada pintu irigasi melalui Bendung Rentang selama 12 jam, yakni mulai 1 April 2016 sampai dengan 31 Agustus 2016 atau selama 5 bulan. 

Bila air dari Jatigede kini mengalir 60 meter kubik per detik yang sampai di bendung Rentang sekitar 50 meter kubik per detik atau sekitar 16% kehilangan.

Bendung Rentang menerapkan pelayanan irigasi selama 24 jam selama 4 bulan. Namun, karena saat ini sedang dilakukan modernisasi di bendung tersebut, meskipun air Jatigede cukup tetapi tidak akan sampai ke petani karena terhalang belum siapnya proses modernisasi Bendung Rentang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×