kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Keren, Bandara Soekarno-Hatta masuk daftar bandara terbaik dunia 2020 versi Skytrax


Kamis, 14 Mei 2020 / 02:42 WIB
Keren, Bandara Soekarno-Hatta masuk daftar bandara terbaik dunia 2020 versi Skytrax
ILUSTRASI. Penumpang?berada di Terminal 3?Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bandara Soekarno-Hatta berhasil menempati peringkat ke-35 pada World’s Top 100 Airports 2020 di dalam Skytrax World Airport Awards 2020. Peringkat tahun ini naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seperti pada 2019 (peringkat 40), 2018 (peringkat 45), dan 2017 (peringkat 44).

Untuk menentukan peringkat, Skytrax menggelar survei pada September 2019 hingga Februari 2020 yang melibatkan traveler lebih dari 100 negara. Sementara itu, jumlah bandara yang dinilai mencapai 550. Sementara di ASEAN, pada 2020 ini posisi Soekarno-Hatta lebih baik dari Kuala Lumpur International Airport (peringkat 63) dan Suvarnabhumi Bangkok (peringkat 48).

Sementara itu, Changi Singapura berada pada peringkat 1. Soekarno-Hatta juga berhasil menjadi World’s Best Airport by Passenger Number 2020 (60-70 juta penumpang) peringkat ke-4 dunia atau naik dari 2019 pada peringkat ke-6.

Baca Juga: Bandara Soekarno Hatta dan Ngurah Rai menjadi pintu masuk pekerja migran ke tanah air

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan dari Skytrax ini merupakan hasil dari peningkatan layanan dan fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta.

“Setiap tahunnya pengembangan dilakukan di Soekarno-Hatta sehingga traveler merasa nyaman serta puas terhadap layanan dan fasilitas yang ada. Ini juga tidak lepas dari peran seluruh stakeholder di Soekarno-Hatta. Kerja sama dan kerja keras para stakeholder mendapat pengakuan dari traveler,” ujar Muhammad Awaluddin, sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/5/2020).

Baca Juga: AP II: Pergerakan pesawat hanya berkisar 120 penerbangan per hari

Fasilitas dan pelayanan digital di Bandara Soekarno-Hatta Menurut Muhammad Awaluddin, semakin membaiknya peringkat Bandara Soekarno-Hatta merupakan hasil dari transformasi digital yang dicanangkan sejak 2016.

Konsep yang diusung adalah Digitally Ready Enterprise dengan memanfaatkan state of the art technology. Bandara Soekarno-Hatta menjadi tempat dalam mengembangkan platform digital untuk pelayanan, fasilitas dan operasional sebelum nantinya digunakan di bandara lain.

“Hal ini sejalan dengan visi perusahaan menjadi The Best Smart Connected Airport Operator in Region. Kami berkomitmen memberikan yang terbaik melalui digital platform untuk menghadirkan airport digital journey experience bagi masyarakat,” jelas Muhammad Awaluddin.

Implementasi transformasi digital yang dimaksud antara lain Airport Operation Control Center (AOCC), Terminal Operation Center (TOC), aplikasi iPerform, Digital Droid, i-Millennial Airport Travel Experience (i-Mate Lounge), dan lain sebagainya.

Baca Juga: Lion Air kembali angkut penumpang, tapi hanya tiga kelompok ini yang dilayani

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga mengoperasikan sejumlah peralatan otonom (autonomous equipment). Peralatan otonom tersebut seperti mesin pembersih lantai berbasis robot (robotic scrubber drier) dan digital droid yakni robot DiLo yang bisa berperan selayaknya customer service.

Transportasi publik yang beroperasi di Soekarno-Hatta juga masuk dalam kategori modern dan mengandalkan kecanggihan teknologi seperti Skytrain, Kereta Bandara, hingga taksi listrik. Di tengah pandemi corona (Covid-19), Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki layanan Virtual Customer Assistant (VICA) yang bisa diakses di aplikasi INAirports.

Baca Juga: Mulai hari ini, operasional Lion Air Group pindah ke terminal 2E Bandara Soetta

VICA mengubah layanan customer assistant dari tatap muka menjadi virtual sehingga sangat mendukung physical distancing.

Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta saat ini beroperasi dengan 3 terminal penumpang yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 yang merupakan terminal terbesar dan termegah di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi siapkan 6 pintu masuk ini untuk kepulangan 34.000 pekerja migran Indonesia

Muhammad Awaluddin mengatakan peringkat Soekarno-Hatta di daftar bandara terbaik dunia akan semakin meningkat ke depannya seiring dengan tuntasnya revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2, serta pembangunan Terminal 4.

“Pengembangan Soekarno-Hatta terus dilakukan. Saat ini tengah dilakukan revitalisasi Terminal 1 dan 2, lalu pada 2021 dimulai pembangunan Terminal 4. Ini akan berdampak pada meningkatnya layanan dan fasilitas sehingga membawa sektor kebandarudaraan nasional ke level yang lebih tinggi lagi,” kata Muhammad Awaluddin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Bandara Terbaik Dunia 2020 Versi Skytrax"
Penulis : Yuharrani Aisyah
Editor : Yuharrani Aisyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×