Reporter: Margareta Engge Kharismawati |
JAKARTA. KIA baru saja menghadirkan All New Sorento untuk bersaing di segmen sport utility vehicle (SUV) premium. Namun Kia rupanya hanya memasang target penjualan terbatas untuk produk barunya itu.
All New Sorento, terang Hartanto, ditargetkan hanya 600 unit hingga akhir tahun 2013. Ini dilakukan melihat tingginya persaingan di segmen ini, terlebih dua pesaing utama Sorento yakni Fortuner dan Pajero Sport.
"Fortuner dan Pajero Sport bukanlah saingan kita. Kita hanya menargetkan penjualan sedikit untuk All New Sorento," kata Hartanto Sukmono, Marketing Director PT KIA Mobil Indonesia di Jakarta, Selasa (9/4).
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun 2012, Fortuner mencatatkan penjualan terbesar di segmen SUV premium yakni sebesar 18.528 unit. Sementara Pajero Sport berada di urutan ketiga dengan penjualan total 12.004 unit.
All New Sorento meluncur pada Selasa (9/4). Mobil bermodalkan mesin bensin Theta II 2.4 liter DOHC Dual CVVT, DLI (Distribution Less Ignition), dan VIS (Variable Induction System) ini cocok untuk penggunaan dalam kota ataupun jarak jauh.
Target pasarnya sendiri adalah para profesional, pengusaha ataupun eksekutif. Ia mengusung konsep tiger nose pada grill, sehingga terlihat sporty dan modern. Tampilan depannya dilengkapi desain tiga dimensi yakni kombinasi chrome, black bezel, dan LED positioning lamp pada lampu depan.
Harga yang dibanderol untuk mobil dengan kapasitas tujuh penumpang dan sepuluh varian warna ini adalah Rp 378 juta per unit untuk On The Road (OTR) Jakarta.
"Kita akan ikuti pertumbuhan pasar ini," tandas Hartanto.
Adapun selama tiga bulan pertama di 2013 ini, lanjut Hartanto, KIA Indonesia berhasil mencatatkan penjualan sekitar 3.200 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News