kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kimberly-Clark Softex Pasang PLTS Atap 2,65 MWp di Pabrik Karawang


Rabu, 31 Mei 2023 / 13:17 WIB
Kimberly-Clark Softex Pasang PLTS Atap 2,65 MWp di Pabrik Karawang
Pabrik Kimberly-Clark Softex di Karawang, Jawa Barat.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kimberly-Clark Softex memasang sekitar 5.000 modul fotovoltaik (PV) di atap pabrik di Karawang, Jawa Barat. Instalasi panel surya di atap pabrik ini akan mengurangi emisi karbon tidak langsung dari pabrik tersebut sekitar 3.000 ton per tahun atau setara dengan menghilangkan 600 mobil berbahan bakar fosil dari jalanan 

Inisiatif ini juga akan mendukung Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap milik pemerintah yang menargetkan produksi sebesar 3,6 gigawatt (GW) energi surya pada tahun 2025.

Kadir Gunduz, Presiden Direktur Kimberly-Clark Softex menyampaikan, instalasi panel surya berkapasitas 2,65 megawatt-peak (MWp) akan menghasilkan sekitar 3.700 megawatt-hours (MWh) energi bersih untuk pabrik etiap tahunnya. 

“Selain itu juga membantu mewujudkan tujuan iklim global kami,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (31/5). 

Baca Juga: Kimberly-Clark Softex Menunjuk Kadir Gunduz sebagai Presiden Direktur

Dalam pemasangan panel surya ini, Kimberly-Clark Softex bekerja sama dengan TotalEnergies ENEOS. Instalasi di pabrik Karawang telah dimulai sejak Mei 2023 dan akan mulai beroperasi pada Desember 2023.

Elodie Renaud, Direktur TotalEnergies ENEOS Renewables Distributed Generation Asia menyampaikan rasa senangnya dapat bermitra dengan Kimberly-Clark Softex dalam memperluas penggunaan energi terbarukan untuk kegiatan operasionalnya. 

“Kami juga mengapresiasi terjalinnya kerja sama ini yang bertujuan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia,” jelasnya. 

Baca Juga: Kimberly-Clark Softex perluas fasilitas daur ulang popok

Asal tahu saja, TotalEnergies ENEOS merupakan penyedia layanan tenaga surya bagi bisnis komersial dan industri. 

TotalEnergies ENEOS juga memperluas kerja sama dengan Kimberly-Clark di luar Indonesia dengan menandatangani perjanjian jangka panjang untuk memasang tambahan sekitar 5 megawatt-peak (MWp) sistem solar fotovoltaik (PV) pada pabrik lainnya di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×