kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

KKP Berupaya Memperkuat Daya Saing Komoditas Ikan Tuna


Minggu, 03 Desember 2023 / 16:35 WIB
KKP Berupaya Memperkuat Daya Saing Komoditas Ikan Tuna
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan pencanangan Tahun Tuna 2024 merupakan wujud komitmen pemerintah memperkuat daya saing komoditas tuna di pasar global dan domestik.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan pencanangan Tahun Tuna 2024 merupakan wujud komitmen pemerintah memperkuat daya saing komoditas tuna di pasar global dan domestik.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu kekuatan penting dalam perikanan tuna dunia. 

Menurutnya, pada 2017 produksi tuna (Thunnus, Tuna Sejati) mencapai 229.481 ton. Kemudian produksi tuna naik jadi 281.565 ton pada 2018. Kemudian pada 2019 produksi tuna kembali naik 296.417 ton dan 323.477 ton pada 2020 serta 343.393 ton pada 2021.

Baca Juga: Hari Ikan Nasional 2023, Perikanan Indonesia Bagikan 650 Paket Ikan ke Generasi Emas

"Dalam kurun waktu 2017-2021 Indonesia tak bergeser di peringkat satu produksi tuna global," ujar Budi dalam keterangan tertulis, seperit dikutip Minggu (3/12/2023).

Budi menambahkan perbandingan Indonesia dengan negara peringkat dua terbesar di dunia juga hampir dua kali lipat. Jepang misalnya, mencatat produksi 137.685 ton di tahun 2021. Dikatakannya, pangsa pasar Tuna juga masih terbuka seperti ke Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Perancis, Jerman, Kanada, Belanda, dan sejumlah negara lainnya.

"Total serapan pasar tuna dunia (termasuk neritik tuna) juga meningkat, misalnya pada 2018  US$ 15,64 miliar menjadi US$ 16,81 Miliar di tahun 2022," tutur Budi.

Baca Juga: Ekspansi Bisnis, Perikanan Indonesia Gandeng 6 Perusahaan China

Untuk itu, lanjut Budi, masyarakat Indonesia harus merasakan berkah dari tuna, baik peningkatan kesejahteraan maupun angka konsumsi ikan tuna. Sehingga branding tuna Indonesia penting dilakukan secara konsisten dan kontinyu baik di pasar global maupun domestik.

Senada, Sekretaris Ditjen PDSPKP, Machmud menyebut di dalam negeri, produk Tuna-Tongkol-Cakalang (TTC) juga menempati peringkat pertama seafood yang paling dominan diserap masyarakat, yaitu sekitar 1,5 juta ton.

"Ini terlihat bahwa TTC jadi produk seafood favorit masyarakat Indonesia," ujar Machmud.

Karenanya, pencanangan Tahun Tuna 2024 berarti mengajak publik untuk bangga dan makin gemar mengonsumsi tuna. Machmud mengaku Ditjen PDSPKP juga tengah menyusun calender event terkait tuna di 2024. 

Baca Juga: KKP Pamerkan Produk Perikanan Indonesia di Seafood Expo Terbesar Amerika

Machmud menginformasikan bahwa ikan tuna bisa diolah menjadi beragam produk mulai dari menu kaki lima hingga bintang lima. Dia menyontohkan olahan tuna di antaranya abon tuna, rendang tuna, tuna kaleng, steak tuna, pizza tuna, sashimi dan masih banyak lagi lainnya.

"Tuna ini asik, enak, punya banyak manfaat. Diolah bisa jadi abon sampai sashimi, jadi bisa dinikmati berbagai kalangan," pungkas Machmud.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono meresmikan pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024 pada Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 di Jakarta. 

Pencanangan tersebut, melalui branding seafood Indonesia yang safe, eco-friendly, dan sustainable diharapkan sinergi dan kolaborasi seluruh stakeholders dapat semakin memperkuat akses pasar dan manfaatnya, baik bagi masyarakat Indonesia khususnya maupun masyarakat global pada umumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×