kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kominfo imbau UMKM masuk ekosistem digital


Selasa, 20 Februari 2018 / 11:50 WIB
Kominfo imbau UMKM masuk ekosistem digital
ILUSTRASI.


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat pelaku bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal untuk beralih ke pasar digital dalam mengembangkan usahanya.

Samuel A Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo mengatakan, dengan berbisnis secara online, pelaku usaha dapat lebih meningkatkan kesempatan untuk mempromosikan dan membuka pasar semakin lebar. Untuk mendukung hal itu, pemerintah selalu berkolaborasi dengan para pihak di bidang ekonomi digital untuk menyejahterakan pelaku UMKM lokal agar mereka pun memiliki kemampuan untuk bersaing.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mira Tayyiba menyebutkan, e - commerce akan menjadi salah satu pilihan strategis para pelaku bisnis sehingga daya saing pun akan meningkat. "Ke depannya tantangan yang dihadapi yakni daya saing lokal dengan asing. Maka UMKM juga harus kita perkuat hulu agar mampu bersaing," ungkap Mira dalam keterangan resminya, Selasa (20/2).

Mira mengimbau semua pihak termasuk pemerintah yang mendorong UMKM lokal bermigrasi ke digital untuk memperkuat hulu UMKM. Untuk itu, kata Mira, pemerintah daerah harus mengidentifikasi data produk unggulan dan para pelaku UMKMnya. Sehingga, pihak -pihak terkait mampu berkolaborasi memanajemen ekosistem e-commerce agar tercipta kondisi yang kondusif.

Di sisi lain, Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (idEA), Aulia E. Marinto bilang, dalam e-commerce, selain pelaku UMKM dituntut untuk mengembangkan kreativitas dalam mengolah usahanya, kemampuan membaca kondisi pasar untuk dapat mengambil langkah strategis pun diperlukan. "Itu kunci untuk berkelanjutan. Kalau UMKM nya tidak punya kemandirian dalam digital, tidak lama UMKM tersebut akan mengalami kemunduran," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×