kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

KRL, MRT, Transjakarta beroperasi khusus mulai 8 Juni, ini panduannya


Senin, 08 Juni 2020 / 06:09 WIB
KRL, MRT, Transjakarta beroperasi khusus mulai 8 Juni, ini panduannya
ILUSTRASI. Bus TransJakarta saat melintasi kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (8/4/2020). PT TransJakarta mengumumkan perubahan jam operasional selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku pada Jumat (10/4) menjadi pukul 06.00-18.00 WIB. Tribu


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Seluruh moda transportasi publik di Jakarta akan beroperasi dalam prosedur khusus mulai Senin (8/6/2020). Ada sejumlah ketentuan baru yang berlaku bagi pengguna Transjakarta, KRL, MRT, dan LRT.

Ketentuan operasional Transjakarta, KRL, MRT, dan LRT tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 105 tahun 2020.

Ketentuan operasional Transjakarta, KRL, MRT, dan LRT ini berlaku selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hingga akhir Juni 2020.

Berikut jadwal operasional ketentuan dan panduan operasional Transjakarta, KRL, MRT, dan LRT selama PSBB transisi.

Transjakarta

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah waktu operasional bus bagi pelanggan umum mulai Jumat (5/6/2020), yakni dari pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB di seluruh koridor utama.

Baca juga: Face shield mencegah penularan corona, ini panduan membuat face shield plastik mika

Sementara, jam operasional bus layanan khusus bagi tenaga medis juga ditambah, yakni pada pukul 22.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Berikut rute dan koridor Transjakarta yang beroperasi:
1. Koridor 1 Blok M-Kota
2. Rute 1B Stasiun Palmerah-Tosari
3. Rute 1H Tanha Abang-Stasiun Gondangdia
4. Koridor 2 Pulogadung-Harmoni 1
5. Koridor 3 Kalideres-Pasar Baru
6. Rute 3F Kalideres-Gelora Bung Karno
7. Koridor 4 Pulogadung-Tosari
8. Rute 4C TU Gas-Bundaran Senayan
9. Rute 4D Pulogadung 2-Kuningan
10. Koridor 5 Kampung Melayu-Ancol
11. Rute 5C PGC-Harmoni
12. Koridor 6 Ragunan-Jalimun
13. Rute 6A Ragunan-Monas via Kuningan
14. Rute 6B Ragunan-Monas via Semanggi
15. Rute 6M Stasiun Manggarai-Bundaran Senayan
16. Koridor 7 Kampung Rambutan-Kampung Melayu
17. Koridor 8 Lebak Bulus-Harmoni
18. Rute 8A Grogol 2-Harmoni
19. Koridor 9 Pinang Ranti-Pluit
20. Koridor 10 PGC 2-Tanjung Priok
21. Koridor 11 Kampung Melayu-Pulogebang
22. Koridor 12 Penjaringan-Sunter Boulevard Barat
23. Koridor 13 Ciledug-Tendean
24. Rute 13A Puri Beta-Blok M
25. Rute 13C Puri Beta-Dukuh Atas
26. Rute 13E Puri Beta-Kuningan

Tiga rute non-koridor yang terintegrasi dengan stasiun commuterline pun beroperasi kembali, yakni

  1. 1B (Stasiun Palmerah-Tosari)
  2. 1H (Stasiun Gondangdia)
  3. 6M (Stasiun Manggarai-Bundaran Senayan)

Baca juga: Empat mobil Kijang Super tahun 90-an dilelang, harga penawaran mulai Rp 14 jutaan

Layanan untuk petugas kesehatan Transportasi Tenaga Medis dan Padamedis (TTMP), Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Transcare beroperasi normal.

Sedangkan, layanan lainnya seperti layanan wisata, layanan mikrotrans, layanan bus gratis, layanan non koridor wilayah perbatasan dan layanan premium Royaltrans belum beroperasi dalam waktu dekat ini.

Alasannya, PT Transjakarta masih mengevaluasi berkala.

Protokol kesehatan

Protokol kesehatan yang perlu dipatuhi penumpang Transjakarta adalah

  • Menggunakan masker,
  • Selalu mencuci tangan setelah turun dari bus,
  • Menjaga jarak aman antar penumpang,
  • Lebih baik antre di ruangan terbuka di luar halte dibanding berdesakan di dalam bus
  • Tidak berbicara baik melalui telepon maupun sesama penumpang,
  • Menerapkan etika batuk dan bersin,
  • Tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain,
  • Tidak membawa barang bawaan melebihi aturan yang berlaku.

KRL

Kereta rel listrik (KRL) beroperasi mulai pukul 04.00 hingga 21.00 yang berlaku mulai hari ini.

Selama PSBB transisi, PT KCI mengoperasikan 935 perjalanan KRL dengan 88 rangkaian kereta setiap hari guna menghindari kepadatan penumpang saat jam sibuk.

Jumlah tersebut bertambah dari masa PSBB sebelumnya ada 784 perjalanan KRL setiap harinya.

Hedway di lintas Bogor adalah 5 menit dengan 124 perjalanan KRL pada jam sibuk pagi hari dan 126 perjalanan pada sore hari.

Untuk kereta lintas Bekasi, headway pada jam sibuk adalah 10-15 menit dengan 51 perjalanan KRL pada jam sibuk pagi hari dan 55 perjalanan pada sore hari.

Lalu, untuk kereta lintas Rangkasbitung atau Serpong, headway pada jam sibuk adalah 10-15 menit dan 30 menit untuk kereta-kereta pemberangkatan maupun tujuan Rangkasbitung dengan keseluruhan 58 perjalanan pada jam sibuk pagi hari dan 67 perjalanan pada sore hari.
Sementara untuk lintas Tangerang, headway pada jam sibuk adalah 18-20 menit dengan 26 perjalanan pada jam sibuk pagi hari dan 31 perjalanan pada sore hari.

Mulai 8 Juni 2020 PT KCI memberlakukan pembatasan jumlah penumpang dalam satu kereta, yakni maksimal 35% dari kapasitas.

Oleh karena itu, para penumpang diimbau tidak tergesa-gesa dan tetap mematuhi aturan menjaga jarak aman, menggunakan masker, dan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah naik KRL.

MRT

PT MRT Jakarta (Perseroda) mengoperasikan seluruh stasiun dan menambah jam operasional kereta selama PSBB transisi. Perubahan jam operasional itu berlaku mulai hari ini.

Jam operasional kereta MRT pada hari kerja (weekdays) mulai pukul 05.00 sampai 21.00.

Jarak antar kereta untuk jam sibuk pada hari kerja adalah 5 menit.

Sedangkan, headway untuk jam non-sibuk pada hari kerja adalah 10 menit.

Jam sibuk adalah pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB dan 17.00 WIB – 21.00 WIB.

Jam non-sibuk adalah 05.00 WIB – 07.00 WIB, 09.00 WIB – 17.00 WIB.

Selanjutnya, headway pada akhir pekan (weekend) adalah 20 menit dengan jam operasional mulai pukul 06.00 sampai 20.00.

Jumlah penumpang juga dibatasi 62 sampai 67 orang per gerbong kereta atau 390 orang per rangkaian kereta.
Seluruh stasiun MRT Jakarta tidak melayani pembelian kartu perjalanan tunggal atau single trip ticket (STT), mulai 8 Juni hingga 2 Juli 2020.

Kini penumpang dapat membeli tiket MRT secara online melalui aplikasi MRT-J yang bisa diunduh melalui telepon berbasis iOS atau iPhone.

Berikut panduan membeli tiket secara online melalui aplikasi MRT-J.

1. Pemesanan tiket

- Pilih Stasiun Keberangkatan - Pilih Stasiun Tujuan - Tekan tombol 'panah' untuk melanjutkan ke proses selanjutnya - Tekan tombol 'beli tiket' untuk melanjutkan ke laman pilihan pembayaran tiket

2. Pembayaran tiket

- Pilih jenis pembayaran - Tekan tombol 'bayar' untuk melanjutkan ke laman pilihan tiket perjalanan

3. Tiket perjalananan

- Penumpang memperoleh QR Code tiket perjalanan setelah berhasil melakukan pembayaran - Tekan tombol 'Masuk/Keluar' pada laman pilihan tiket perjalanan untuk menampilkan kode QR - Scan kode QR ke kamera yang berada di pintu tiket stasiun

PT MRT Jakarta mengimbau para penumpang tetap menerapkan protokol kesehatan:

  • Menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat masuk area stasiun,
  • Mengenakan masker,
  • Selalu menjaga jarak.
  • Penumpang juga diwajibkan mencuci tangan,
  • Penumpang tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun.

LRT

Dalam diktum kedua huruf b Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 105 tahun 2020 disebutkan jam operasional LRT selama PSBB transisi adalah pukul 05.30 sampai 21.00.

Kapasitas angkut penumpang per kereta adalah 30 orang.
Para penumpang juga dianjurkan mematuhi protokol kesehatan.

Berikut tatanan layanan baru LRT Jakarta:

Alur penumpang

1. Setiap penumpang wajib memakai masker
2. Pemeriksaan barang bawaan dan suhu tubuh sebelum memasuki area stasiun
3. Siapkan kartu uang elektronik dan hindari transaksi tunai
4. Pastikan selalu kebersihan, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer
5. Jaga jarak dengan penumpang lain minimal 1,5 meter di area stasiun
6. Saat di dalam kereta, duduk di tempat yang dianjurkan dan tetap menjaga jarak dengan penumpang lain

Etika layanan

  1. Selalu ikuti anjuran dan petunjuk petugas dalam pencegahan Covid-19
  2. Jaga jarak dengan penumpang lain minimal 1,5 meter di area stasiun
  3. Hindari menyentuh tombol elevator. Gunakan fasilitas foot switch pada elevator
  4. Terapkan etika batuk dan bersin dengan benar
  5. Mengurangi berbicara dan menerima atau melakukan panggilan melalui telepon genggam saat berada di dalam kereta atau elevator
  6. Gunakan sikut untuk membuka pintu toilet
  7. Gunakan tisu sebagai alas tangan dalam menggunakan flush atau shower di toilet
  8. Selalu pastikan telah mencuci tangan dengan sabun selesai dari toilet
  9. Gunakan perlengkapan shalat pribadi
  10. Biasakan tidak berjabat tangan atau bersentuhan
  11. Segera konsultasikan dengan petugas kesehatan atau dokter saat timbul gejala sakit

Fasilitas kesehatan

  1. Sarana eksterior wastafel untuk cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer
  2. Penyediaan marka jarak antrean dan informasi pencegahan Covid-19
  3. Public announcement dalam pencegahan Covid-19
  4. Pembatasan jumlah penumpang
  5. Kemudahan integrasi BRT melalui paid-to-paid kartu uang elektronik
  6. Fasilitas foot switch pada elevator
  7. Fasilitas scanner QR code pada gerbang tiket dan mesin periksa saldo tiket
  8. Sterilisasi area stasiun dan kereta (disinfektan) secara berkala (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perkantoran Jakarta Dibuka, Berikut Panduan Operasional Transjakarta, KRL, MRT, dan LRT",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×