kontan.co.id
banner langganan top
Senin, 5 Mei 2025 | : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.905.000   3.000   0,16%
  • USD/IDR 16.440   0,00   0,00%
  • IDX 6.863   47,37   0,70%
  • KOMPAS100 995   10,50   1,07%
  • LQ45 772   8,16   1,07%
  • ISSI 218   1,55   0,72%
  • IDX30 401   4,26   1,07%
  • IDXHIDIV20 475   1,65   0,35%
  • IDX80 112   1,18   1,06%
  • IDXV30 116   1,01   0,88%
  • IDXQ30 131   1,13   0,86%
  • EMAS 1.905.000   3.000   0,16%
  • USD/IDR 16.440   0,00   0,00%
  • IDX 6.863   47,37   0,70%
  • KOMPAS100 995   10,50   1,07%
  • LQ45 772   8,16   1,07%
  • ISSI 218   1,55   0,72%
  • IDX30 401   4,26   1,07%
  • IDXHIDIV20 475   1,65   0,35%
  • IDX80 112   1,18   1,06%
  • IDXV30 116   1,01   0,88%
  • IDXQ30 131   1,13   0,86%
  • EMAS 1.905.000   3.000   0,16%
  • USD/IDR 16.440   0,00   0,00%
  • IDX 6.863   47,37   0,70%
  • KOMPAS100 995   10,50   1,07%
  • LQ45 772   8,16   1,07%
  • ISSI 218   1,55   0,72%
  • IDX30 401   4,26   1,07%
  • IDXHIDIV20 475   1,65   0,35%
  • IDX80 112   1,18   1,06%
  • IDXV30 116   1,01   0,88%
  • IDXQ30 131   1,13   0,86%

Kulkas dan mesin cuci rajai penjualan jelang Lebaran


Selasa, 09 Agustus 2011 / 20:30 WIB
ILUSTRASI. Pendapatan Kabelindo Murni (KBLM) turun 20,5% di kuartal III 2020 karena terimbas dampak wabah corona.


Reporter: Dani Prasetya | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Lemari es dan mesin cuci merajai penjualan alat rumah tangga berbasis elektronik menjelang Lebaran. Hal tersebut lantaran adanya penguatan rupiah terhadap dollar yang menguntungkan konsumen dari segi harga produk.

Ketua Gabungan Pengusaha Elektronik Indonesia (Gabel) Ali Soebroto Oentaryo mengatakan, penguatan rupiah itu terbukti memberikan pengaruh lumayan besar terhadap penjualan produk elektronik dalam negeri.

Meski tak mengantongi data penjualan produk itu, dia memastikan dua produk itu menjadi incaran konsumen jelang Lebaran. "Televisi juga jadi salah satu yang meningkat saat mendekati Lebaran," ujar Ali, Senin (8/8) malam.

Ditemui secara terpisah, Selasa (9/8), Marketing Director PT LG Electronics Indonesia David Tjokro membenarkan hal tersebut. Lemari es dan mesin cuci menjadi produk dengan tingkat penjualan tertinggi setidaknya menjelang Lebaran.

Bahkan, kenaikannya bisa mencapai 50% dari penjualan pada periode normal. Sayangnya, dia enggan berbagi informasi tentang angka penjualan tersebut. David hanya melansir, kontribusi lemari es dan mesin cuci mencapai 15% dari total penjualan selama setahun.

Tingginya tingkat penjualan lemari es dan mesin cuci menjelang Lebaran itu, menurutnya, lantaran keinginan masyarakat konsumtif untuk memamerkan hal yang dimilikinya. Apalagi sebagian besar masyarakat yang mendapat tunjangan hari raya (THR) cenderung membelanjakan uangnya untuk produk baru meski telah memilikinya. "Itu sekadar hipotesis saya," ujarnya.

Menyusul kemudian televisi yang menjadi incaran masyarakat menjelang Lebaran. Secara kumulatif selama semester I 2011 ternyata televisi menjadi unggulan perusahaan pada pencapaian target penjualan.

Tanpa merinci target penjualan, David mengklaim, LG Electronics Indonesia telah mencapai lebih dari 50% tingkat penjualan yang ditargetkan. Sebanyak 33% di antaranya disumbang televisi, menyusul kemudian lemari es, mesin cuci, dan penyejuk ruangan.

Namun, dia mengutarakan, pangsa pasar keseluruhan produk hasil produksi LG Electronics Indonesia yang saat ini sebesar 33%. Hingga akhir tahun, angka itu bisa berkembang sekitar 1%-2%. "Soalnya market sendiri sedang growing sekitar 20%," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×