Reporter: Leni Wandira | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), pelopor industri kecantikan dan perawatan kesehatan di Indonesia, mengumumkan pencapaian kinerja keuangan yang positif di kuartal ketiga 2024. Dalam laporan keuangan terbaru yang dirilis pada 31 Oktober 2024, Mustika Ratu mencatat kenaikan dalam beberapa indikator kinerja utama di tengah tantangan pasar.
Selama kuartal ini, Mustika Ratu mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 223,1 miliar, naik 0,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 222 miliar. Selain itu, laba usaha juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 28% yakni sebesar Rp 256,6 juta dari tahun sebelumnya Rp 114,3 juta.
Bahkan, laba bersih MRAT melonjak 178% secara tahunan menjadi Rp 232,07 juta hingga September 2024. Di periode yang sama tahun lalu, laba bersih MRAT hanya Rp 83,5 juta.
Presiden Direktur MRAT Bingar Egidius Situmorang, menyatakan dengan capaian ini, Mustika Ratu optimistis menatap akhir tahun 2024. Emiten barang konsumsi ini berkomitmen memperkuat posisi di pasar domestik dan internasional serta melanjutkan inovasi untuk menjadi pemimpin industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia dan dunia.
"Kami sangat bersyukur atas kinerja yang solid di kuartal ini, yang merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim. Mustika Ratu terus berinovasi dan meningkatkan kualitas demi memberikan nilai lebih kepada pemegang saham dan pelanggan," ujar Bingar dalam keterangan resminya yang diterima Kontan.co.id, Senin (4/11).
Baca Juga: Mustika Ratu (MRAT) Memacu Bisnis Spa Lewat Wellness Tourism
Adapun segmen perawatan diri (personal care) dan kosmetik masing-masing menunjukkan kenaikan penjualan sebesar 3% dan 21% dari tahun lalu, menunjukkan pertumbuhan di berbagai lini produk.
Untuk memperluas pasar ekspor, Mustika Ratu turut serta dalam Indonesia Europe Business Forum (IEBF) 2024, memperkenalkan lini Spa & Wellness dengan harapan menarik minat investor asing.
"Kami juga berencana memperkuat penetrasi produk di pasar Eropa serta memperkuat pasar di negara-negara Teluk, seiring dengan penambahan negara tujuan ekspor baru," jelasnya.
Baca Juga: Tingkatkan Penetrasi Pasar Ekspor, Penjualan Bersih Mustika Ratu (MRAT) Naik 5,41%
Salah satunya dengan mempererat jalinan kemitraan dengan investor dari Saudi Arabia yang ditandai dengan pertemuan antara jajaran direksi MRAT bersama perwakilan investor dari Saudi Arabia, di Jakarta, Rabu (23/10/2024).
Dengan dukungan dari investor Saudi Arabia, menurut Bingar, pihaknya kini berupaya meningkatkan investasi guna memperkuat posisi produk Mustika Ratu sebagai pilihan utama konsumen di kawasan tersebut.
Sejalan dengan strategi ekspansi, Mustika Ratu memanfaatkan e-commerce untuk mendukung penjualan domestik dan internasional. "Partisipasinya dalam E-Commerce Expo 2024 turut mendukung transformasi digital nasional menuju Indonesia Emas 2045," pungkasnya.
Selanjutnya: Bappebti Izinkan Badan Usaha Investasi Kripto, Peluang Baru di Industri Aset Digital
Menarik Dibaca: Kerap Disamakan, Begini Perbedaan Rematik dan Asam Urat yang Perlu Anda Tahu
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News