Reporter: Gloria Haraito | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Persaingan bisnis gerai mainan yang kian ketat tak menciutkan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Terbukti, pemilik gerai Kidz Station itu berencana membuka lima gerai baru tahun ini. Dengan ekspansi itu, MAP menargetkan pendapatan Kidz Station bisa memberikan kontribusi berarti bagi pendapatan perusahaan. Hingga akhir tahun nanti, MAP menargetkan pendapatan bisa mencapai Rp 4,9 triliun, atau naik 20% dibandingkan dengan pendapatan tahun lalu yang sebesar Rp 4,11 triliun.
Menurut Sekretaris Perusahaan Mitra Adiperkasa, Fetty Kwartati, sampai saat ini terdapat 30 gerai Kidz Station dengan luas rata-rata 400 m2. Setiap gerai menyajikan sekitar 1.500 item produk. Sebagian besar dari produk ini merupakan barang impor dengan merek global terkemuka. Beberapa merek yang dijual di Kidz Station antara lain Bandai, Disney, Russ, Wild Planet, Thomas & Friends, Road Rippers, dan Toy State. Fetty mengatakan, dalam menggaet pemasok, Mitra Adiperkasa selalu melakukan seleksi ketat demi mendapatkan produk berkualitas.
Gerai ini menyasar segmen anak-anak berusia di bawah tiga tahun hingga 15 tahun dari kelas menengah atas sebagai target pasar. Ada tiga kategori produk yang terdapat di Kidz Station, yakni mainan, perlengkapan, dan olahraga. Ketiga kategori mainan ini dijual seharga Rp 60.000 per unit hingga Rp 1 juta per unit. Melihat kehadiran gerai mainan baru, Kidz Station mengedepankan mainan edukasi. "Untuk mengantisipasi persaingan, kami mengedepankan mainan dengan unsur pendidikan dan aktivitas luar ruang," tutur Fetty kepada KONTAN.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News