kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih ada 20% industri keramik belum rasakan harga gas US$ 6 per mmbtu


Senin, 17 Agustus 2020 / 17:56 WIB
Masih ada 20% industri keramik belum rasakan harga gas US$ 6 per mmbtu
ILUSTRASI. Implementasi harga gas US$ 6 per mmbtu untuk sektor industri masih belum sepenuhnya dirasakan oleh industri keramik.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Implementasi harga gas US$ 6 per million british thermal unit (mmbtu) untuk sektor industri masih belum sepenuhnya dirasakan oleh industri keramik.

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mencatat, masih ada 20% industri keramik yang belum mendapatkan penyesuaian harga gas sebagai bagian dari implementasi Kepmen ESDM 89K/2020 tentang harga dan pengguna gas bumi bidang industri.

Ketua Asaki Eddy Suyatno menuturkan, 20% industri tersebut terletak di Jawa Bagian Timur.

"80% anggota Asaki yang berada di Sumatra, dan Jawa bagian barat sudah menikmati implementasi harga gas. Untuk Jawa bagian Timur masih harus menunggu selesainya letter of agreement PGN dan sektor hulu," terang Eddy kepada Kontan.co.id, Senin (17/8).

Baca Juga: Ini upaya Perusahaan Gas Negara (PGAS) dalam mengembangkan UMKM

Eddy melanjutkan, implementasi harga gas bagi 20% anggota Asaki diharapkan dapat rampung pada September mendatang.

Ia menambahkan, dampak pandemi Covid-19 memang amat terasa bagi sektor industri keramik yang tingkatan utilisasi turun tajam hingga ke level 30% dari kisaran normal 65%.

Adapun, memasuki Juli lalu industri keramik mulai rebound ke level utilisasi 56%. Pihaknya berharap pada kuartal I 2021 mendatang tingkat utilisasi bisa kembali normal.

Untuk itu, Eddy menekankan kehadiran implementasi harga gas US$ 6 per mmbtu amat dibutuhkan ditengah melemahnya daya beli dalam negeri dan pertumbuhan ekonomi yang minus pada kuartal II lalu.

"Asaki tentunya tidak tinggal diam, kami berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan pasar ekspor. Kinerja Ekspor semester 1 ini juga terganggu pandemi Covid-19 turun 9% dengan 5 tujuan utama ekspor yaitu Filipina, Taiwan, Malaysia, Thailand dan AS," ungkap Eddy.

Ia memastikan, pasar ekspor akan terus digenjot dengan menyasar Australia dan Korea Selatan.

Disisi lain, Eddy mengungkapkan implementasi harga gas tidak menemui kendala berarti pasalnya sejauh ini PGN dinilai telah melakukan upaya dukungan demi mewujudkan harga gas sebesar US$ 6 per mmbtu.

"Ekspektasi Asaki utilitas nasional bisa meningkat ke 75% di akhir 2021," terang Eddy.

Baca Juga: PGN akan optimalkan utilisasi gas bumi untuk sektor industri




TERBARU

[X]
×