kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengulik tren pasar mobil saat konsumen mulai bergeser dari segmen MPV ke SUV


Kamis, 20 Agustus 2020 / 13:58 WIB
Mengulik tren pasar mobil saat konsumen mulai bergeser dari segmen MPV ke SUV
ILUSTRASI. Mobil bekas Daihatsu Xenia 2004 kini mulai Rp 50 Juta


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kendati pasar mobil mengalami pergeseran segmen di Multi Purpose Vehicle (MPV) ke Sport Utility Vehicle (SUV), namun market MPV masih cukup besar dan menarik minat Agen Pemegang Merek (APM) mobil untuk menggarapnya. Apalagi mobil dengan model seven seater masih banyak peminatnya di Indonesia.

Honda Prospect Motor (HPM) misalnya, APM merek Honda ini turut meramaikan segmen MPV dengan seri Mobilio nya yang masuk kategori Low MPV. "Untuk pasar LMPV masih bagus karena banyak keluarga kecil yang baru pertama kali memiliki mobil memilih model ini," ujar  Yusak Billy, Direktur Marketing & Sales HPM kepada Kontan.co.id, Rabu (19/8).

Untuk segmen LMPV, Honda menyiapkan Mobilio dengan berbagai program penjualan yang ringan seperti cicilan 3 tahun dengan rate 0%. Segmen LMPV sendiri berada di urutan kedua penjualan HPM setelah segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC), yang mana mobil LCGC punya pangsa pasar hampir 21%.

Di urutan ketiga segmen SUV menyumbang porsi penjualan Honda, yang mana di akui Yusak segmen tersebut mulai menggeser pasar mobil MPV. "Memang terjadi pergeseran sedikit dari LMPV ke LSUV dengan memiliki ground clearance yang lebih tinggi," sebutnya.

Baca Juga: Toyota genjot pangsa pasar medium MPV tahun ini

Mengulik laporan penjualan yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di bulan Juli tahun ini penjualan ritel Honda mencapai 4.036 unit atau naik 62% dibandingkan bulan sebelumnya di tahun yang sama yakni 2.488 unit. Hanya saja capaian bulan Juli tahun 2020 masih belum dapat menyamai penjualan bulan Juli tahun lalu yang sebesar 12.702 unit.

Sementara itu Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan model MPV dan LCGC masih menjadi primadona pasar otomotif di Indonesia. Jika kedua segmen mobil digabungkan, menurut Amelia sampai dengan Juli tahun ini total pangsa pasar kedua segmen mencapai 30%.

"Memang sedikit turun jika dibandingkan 2019 yang sekitar 33%," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (19/8). Ia menduga salah satu faktornya ada peningkatan dari segmen penjualan mobil komersial di tahun ini, khususnya model pick up sehingga menggerus pangsa pasar MPV dan LCGC.

Adapun mengenai potensi mobil penumpang lain seperti SUV, Amelia tak membeberkan lebih jauh. Untuk saat ini Daihatsu dikenal dengan model MPV dengan brand Daihatsu Xenia, yang mana ADM mengaku belum ada rencana meluncurkan varian baru.

Baca Juga: Ini daftar barang yang wajib ada di dalam mobil ketika sedang berkendara

"Untuk Xenia kami belum ada rencana penyegaran," kata Amelia. Mengintip data Gaikindo, untuk penjualan wholesales alias dari pabrikan ke diler di bulan Mei kemarin Daihatsu tak mencatatkan sama sekali alias kosong. Walau di bulan berikutnya berangsur pulih, dimana di bulan Juli tahun ini penjualan wholesales Daihatsu mencapai 1.553 unit.

Sedangkan untuk penjualan ritel, dari diler ke konsumen, Daihatsu di bulan Juli tahun 2020 tercatat 5.890 unit atau tumbuh 6% dibandingkan bulan Juni tahun ini 5.558 unit. Meskipun penjualan bulan Juli tahun ini masih belum dapat menyamai penjualan bulan Juli tahun kemarin yang mencapai 12.805 unit.

"Penjualan saat ini memang lebih rendah dibandingkan tahun kemarin, meski sudah cukup membaik dibandingkan Mei lalu," urai Amelia. Asal tahu saja Gaikindo memproyeksikan market mobil tahun ini merosot 40% dibandingkan tahun lalu, artinya penjualan mobil tahun ini diperkirakan hanya mencapai 600.000 unit saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×