kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik PLTD Lueng Bata, pembangkit berusia 30 tahun di Serambi Mekah


Jumat, 16 Agustus 2019 / 13:21 WIB
Menilik PLTD Lueng Bata, pembangkit berusia 30 tahun di Serambi Mekah
Karyawan PLN sedang memantau PLTD Lueng Bata Aceh


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Suara mesin diesel nomer 4 dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Lueng Bata menderu kencang. Beberapa saat kemudian meredup dan berhenti. Seorang petugas PLN kemudian mencatat dan mengecek beberapa bagian, yang lainnya mengelap komponen-komponen mesin. 

Dwi Suryo Abdullah Vice President Public Relation PLN mengatakan, aktivitas yang mereka lakukan adalah proses commissioning, sebuah proses yang harus dilakukan setelah perbaikan atau pemeliharaan rutin pembangkit.

Baca Juga: Backup pasokan listrik MRT, PLN kebut pembangunan PLTD Senayan 101 MW

Commissioning bertujuan memastikan seluruh komponen PLTD terpasang dan terkalibrasi sesuai manual book. Pekerjaan ini dilakukan setelah pemeliharaan rutin. Pemeliharaan sendiri dilakukan setiap 6.000 atau 12.000 jam operasi mesin. Di samping itu, juga dilakukan bila terjadi kelainan yang berpotensi kerusakan. 

Mesin diesel nomer 4 berkapsitas 6,36 MW. Ini adalah 1 dari 6 mesin yang sedang diperbaiki. Sementara 7 mesin lainnya masih beroperasi sebagai cadangan pasokan Kota Banda Aceh. 

PLTD Lueng Bata terletak di Jalan Lintas Sumatera. Memiliki total daya terpasang sebesar 58 MW. Pembangkit ini memiliki sejarah  panjang dalam menggerakan roda perekonomian setempat. 30 tahun lebih sudah, sejak 1981 sampai 2008, PLTD Lueng Bata berperan utama dalam menyokong pasokan listrik Kota Banda Aceh. 

Sejalan dengan pertumbuhan penduduk, infrastruktur kelistrikan pun terus dibangun. Pada 2008, beroperasilah Gardu Induk 150 kV yang terhubung dengan sistem interkoneksi Sumatera. Secara bertahap, sistem ini mampu memasok Banda Aceh dari 60 MW hingga 160 MW. Hingga kini 239.092 pelanggan pun dapat dilistriki. 

Baca Juga: Dukung target penurunan emisi gas rumah kaca, begini upaya yang dilakukan PLN

Dengan masuknya sistem interkoneksi 150 kV ke Banda Aceh, kini Daya Mampu di Aceh bertambah menjadi 233 MW. Pasokan ini cukup untuk memikul kebutuhan masyarakat yang hanya 150 MW. 

Peran PLTD Lueng Bata pun berganti menjadi pembangkit back up atau cadangan. Artinya, dinyalakan ketika dibutuhkan. PLTD Lueng Bata pun disebut yang tertua yang masih beroperasi di Aceh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×