kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45767,97   -12,34   -1.58%
  • EMAS1.024.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menuju kinerja yang lebih sehat, Krakatau Steel (KRAS) perlu perhatikan hal ini


Kamis, 02 Juli 2020 / 14:40 WIB
Menuju kinerja yang lebih sehat, Krakatau Steel (KRAS) perlu perhatikan hal ini
ILUSTRASI. PT. Krakatau Steel Tbk (KRAS). KONTAN/Baihaki/1/11/2010

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada awal tahun, yakni kuartal-I 2020, PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) kinerjanya sudah mulai tampak membaik. Setelah selama sepuluh tahun menjadi perusahaan publik, produsen baja nasional tersebut acapkali merugi.

Menurut Toto Pranoto, Pengamat BUMN, dengan direstuinya restrukturisasi utang perseroan di awal tahun ini, diharapkan jadi titik awal menuju kinerja yang lebih sehat. Sebab kata Toto, persoalan restrukturisasi ini sering kali gagal ditangani manajemen KRAS sebelumnya.

Baca Juga: Pengamat: Kebijakan impor baja menggerus bisnis Krakatau Steel (KRAS)

Setelah itu perusahaan diketahui juga melakukan divestasi anak usaha yang tidak sejalan dengan core bisnis perusahaan. "Hal ini juga bagian dari efisiensi. Selain itu perusahaan juga bisa memperkuat revenue, sebagai holding, ada beberapa anak usaha yang lebih mendukung core bisnis KS yang patut dipertahankan dan diperkuat," terang Toto kepada Kontan.co.id, Kamis (2/7).

Misalnya anak usaha yang bergerak di sektor pelabuhan di Cilegon, PT Krakatau Bandar Samudera yang punya posisi strategis di tengah kawasan industri tersebut. Juga PT Krakatau Tirta Industri yang mengelola air bersih, tentu keberadaan anak usaha ini sangat vital dan dapat dimaksimalkan.

"Kalau misal KS mau lakukan optimalisasi lewat IPO anak usaha atau strategic investor, keduanya bisa dapat dana fresh. Serta bisa menambah cashflow bagi anak dan induk usaha," sebut Toto.

Saat ini, menurut Toto, KRAS sudah berada pada arah yang tepat untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Namun selain itu, produsen baja ini juga perlu dilindungi dengan regulasi yang tepat agar tidak kedodoran berhadapan dengan persaingan produk impor.

Baca Juga: Serap gas dari sesama BUMN, Krakatau Steel (KRAS) bakal lebih efisien

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×