kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,61   8,16   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Meski Harga Relatif Tinggi, Innova Diesel Bekas Banyak yang Memburu, Mengapa?


Sabtu, 29 Oktober 2022 / 11:05 WIB
Meski Harga Relatif Tinggi, Innova Diesel Bekas Banyak yang Memburu, Mengapa?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu tipe mobil multi purpose vehicle (MPV) yang banyak diburu di Indonesia adalah Toyota Innova diesel. 

Mobil bermesin 2.500 cc dengan teknologi common rail turbo diesel ini dikenal tak hanya nyaman dan punya tenaga besar, tapi juga efisien dalam hal bahan bakar.  

Karena itu, Innova diesel di Indonesia jadi MPV idaman keluarga. Sampai di segmen pasar penjualan mobil bekas pun tetap jadi buruan. 

Tingginya permintaan pasar berdampak harga bekas mobil ini jadi terdongkrak naik. 

Lantas apakah membeli Innova diesel memang menguntungkan?  

Yudi Purwidyantoro, Area Sales Manager Carsentro Semarang, mengatakan, banyak konsumen menilai membeli Innova diesel menguntungkan karena pertimbangan akomodasi dan efisiensi bahan bakar.  

Baca Juga: Ada Rumor Diakuisisi Indomobil Group, Begini Kata Mercedes-Benz Indonesia

"Konsumen berani berinvestasi, Innova diesel bekas harganya relatif mahal, tapi yang dipertimbangkan efisiensi bahan bakar dan kenyamanan. Asumsi konsumen biaya operasional murah tapi butuh dana ekstra untuk pengadaan unit," kata Yudi kepada Kompas.com, Kamis (27/10/2022).  

Melihat dari tren penjulannya, untuk Innova mesin diesel menurut Yudi, dominasi harga mulai Rp 280 jutaan hingga Rp 320 jutaan.  

Dengan kisaran harga tersebut, konsumen disajikan pilihan Innova diesel keluaran 2015 - 2017. Tinggal memilih unit model gril besar (dono) atau Reborn sesuai kebutuhan.  

"Persaingan lingkup terbatas, Reborn sama kakak kandungnya saling berhadapan. Tapi, cenderung penjualan tipe gril besar lebih gampang, pertimbangannya perawatan yang diklaim sedikit murah," katanya.  

Sementara itu, Alfiyan, pemilik Showroom Anugrah Mobil di Area Carsentro Semarang, mengatakan, banyak konsumen yang mempertimbangkan biaya perawatan dan operasional Innova Diesel jatuhnya lebih murah untuk jangka panjang.  

Baca Juga: Intip Harga Mobil Bekas Toyota Avanza Veloz per Oktober 2022, Pilihan MPV Keluarga

"Untuk operasional harian banyak yang beranggapan bahwa unit diesel lebih menguntungkan. Makanya, perbedaan penjualan bulanan sama-sama Innova beda mesin selisihnya lumayan, rata-rata 1-2 unit," ucapnya. 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Innova Diesel Bekas Banyak Dicari meski Harga Relatif Tinggi"
Penulis : Dicky Aditya Wijaya
Editor : Stanly Ravel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×