kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Metro Realty (MTSM) sebut prospek bisnis properti tahun ini masih sulit


Jumat, 17 Mei 2019 / 15:02 WIB
Metro Realty (MTSM) sebut prospek bisnis properti tahun ini masih sulit

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metro Realty Tbk (MTSM) memproyeksikan prospek bisnis properti kemungkinan lebih sulit dibandingkan tahun lalu. Kondisi ini disebabkan faktor ekonomi dan politik yang bergejolak.

Menilik prospektus perseroan yang diakses pada Jumat (17/5), pendapatan penjualan MTSM meningkat 14,18% di angka Rp 28,05 miliar di tahun 2018. Sementara tahun 2017, mendapatkan yang ditorehkan Rp Rp 24,55 miliar.


"Pertumbuhan pendapatan terjadi karena adanya peningkatan biaya sewa dan pengelolaan gedung," jelas Sukardi, Direktur Independen MTSM saat ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jumat (17/5).

Sementara itu, laba kotor perseroan ikut terkerek sebesar 127,88% menjadi Rp 5,77 miliar dari periode sebelumnya Rp 2,53 miliar berkat kenaikan pendapatan dan turunnya harga pokok. Sedangkan rugi bersih perusahaan meningkat 44,56% menjadi Rp 6,943 miliar karena kenaikan biaya operasional dan pajak.

Melihat peningkatan tersebut, Sukardi menyatakan pihaknya masih berhati-hati menentukan langkah ekspansi di kuartal II 2019 mendatang. Bahkan menyebut adanya kemungkinan lebih sulit.

"Kami mungkin tidak terlalu terkena imbasnya secara langsung, tetapi orang-orang di lapangan terkena pengaruh dari situasi politik di kuartal I-2019. Investor pun ikut berhati-hati. Maka dari itu, kami tidak terlalu ambisius membangun gedung baru," jelas Sukardi.

 




TERBARU

Close [X]
×