kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.235.000   -2.000   -0,09%
  • USD/IDR 16.633   -23,00   -0,14%
  • IDX 8.071   27,26   0,34%
  • KOMPAS100 1.115   1,03   0,09%
  • LQ45 783   -1,20   -0,15%
  • ISSI 284   1,67   0,59%
  • IDX30 411   -0,03   -0,01%
  • IDXHIDIV20 466   -1,32   -0,28%
  • IDX80 123   0,18   0,14%
  • IDXV30 133   -0,24   -0,18%
  • IDXQ30 130   0,01   0,01%

Metrodata Gandeng BeatRoute Perkuat Solusi AI untuk Penjualan Ritel dan Distribusi


Kamis, 02 Oktober 2025 / 16:42 WIB
Metrodata Gandeng BeatRoute Perkuat Solusi AI untuk Penjualan Ritel dan Distribusi
ILUSTRASI. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Digital khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software memprediksi tahun ini akan semakin banyak perusahaan membutuhkan jasa Perseroan dalam melakukan transformasi digital menuju Industy 4.0. Metrodata Electronics (MTDL) mengumumkan kemitraan strategis dengan BeatRoute, platform AI berbasis tujuan untuk penjualan ritel dan distribusi.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) mengumumkan kemitraan strategis dengan BeatRoute, platform AI berbasis tujuan (goal-driven) untuk penjualan ritel dan distribusi. Lewat kerja sama ini, Metrodata akan memperkuat posisi BeatRoute dalam menjangkau dan melayani pasar Indonesia secara efektif.

Direktur Metrodata Electronics Alexander Kuntoro menyatakan bermitra dengan BeatRoute merupakan langkah strategis perseroan untuk memperluas portofolio solusi digital. 

“Dengan menggabungkan pengalaman Metrodata di pasar Indonesia dan inovasi berbasis AI dari BeatRoute, kami yakin dapat mempercepat transformasi digital bagi perusahaan ritel dan distribusi sekaligus memberikan nilai bisnis nyata bagi pelanggan,” ujar Alexander, dalam siaran pers, Kamis (2/10). 

Dia menerangkan, Indonesia merupakan salah satu pasar ritel dan distribusi terbesar di kawasan. 

Baca Juga: Graha Layar Prima (BLTZ) Siapkan Agenda Ekspansi untuk 2026

Kondisi ini menegaskan pentingnya sebuah platform end-to-end yang mampu mengintegrasikan perangkat lunak Sales Force Automation (SFA), Distribution Management System (DMS), dan aplikasi eB2B untuk mendukung target penjualan ritel sekaligus memperkuat kinerja distributor.

“BeatRoute menjawab kebutuhan ini melalui basis pelanggan yang telah terbangun di Indonesia, lintas industri seperti healthcare & pharmaceutical dan FMCG, disertai dukungan kantor perwakilan lokal, alur kerja yang disesuaikan untuk pengguna di Indonesia, serta transaksi yang lancar dalam Rupiah,” terangnya. 

Sebagai platform AI berbasis tujuan, BeatRoute menghadirkan perangkat lunak SFA erbasis AI yang terintegrasi dengan DMS dan Retailer App. 

Kapabilitas AI yang ditawarkan mencakup Scheduling AI Agent untuk perencanaan kunjungan yang optimal, Order AI Agent untuk rekomendasi pemesanan cerdas, Customer Insights AI Agent untuk wawasan yang dapat ditindaklanjuti selama kunjungan pelanggan, serta BeatRoute Copilot untuk jawaban berbasis data dalam bahasa alami. 

Selain itu, BeatRoute mendukung berbagai alur kerja yang menyelaraskan seluruh pemangku kepentingan menuju tujuan bisnis dan memastikan eksekusi ritel yang lancar.

Melalui kolaborasi ini, Metrodata dan BeatRoute berkomitmen untuk memperluas jangkauan solusi teknologi yang mendorong pertumbuhan bisnis, meningkatkan efisiensi, dan mempercepat transformasi digital lintas industri di Indonesia.

Baca Juga: Penjualan Mobil Hybrid Hyundai Capai 20% di Semester I, Stargazer Masih Jadi Andalan

Selanjutnya: Sah! UU BUMN Larang Rangkap Jabatan, 31 Wakil Menteri Ini Masih Jadi Komisaris BUMN

Menarik Dibaca: Ini Dia 5 Zodiak yang Gampang Bosan lo, Ada Aries!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×