kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) tambah empat rumah sakit tahun ini


Senin, 19 Agustus 2019 / 14:21 WIB

Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) tambah empat rumah sakit tahun ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) menambah empat unit rumahsakit sampai akhir tahun 2019. Rumahsakit tersebut dua diantaranya merupakan akuisisi dari Kasih Group, yakni Rumah Sakit Bina Husada, yang diunggulkan sebagai pusat jantung dan vaskular serta pusat mata, berlokasi Cibinong dan Rumah Sakit Mutiara Hati di Jakarta Timur.

Sementara pembangunan dua rumahsakit lainnya adalah Mitra Keluarga Bintaro Tangerang dan Mitra Keluarga Pratama Jatiasih Bekasi yang keduanya masih melalui proses akreditasi rumahsakit. Sementara Bina Husada Cibinong, yang diakuisisi pada awal tahun 2019 dengan nilai investasi mencapai Rp 240 miliar, menempati level bintang empat dan telah melalui konversi penerimaan pasien BPJS.

Baca Juga: Mitra Keluarga (MIKA) tak hitung kerugian akibat listrik padam

Joyce V Handayani, Sekretaris Perusahaan MIKA sekaligus Direktur Independen MIKA menjelaskan pihaknya menggelontorkan dana dari kas internal dan sisa dana IPO 2015 untuk melakukan pembangunan di Jatiasih dan Bintaro.

"Kami mengeluarkan dana sekitar Rp 250 miliar-Rp 300 miliar untuk pembangunan rumahsakit di Bintaro. Sementara di Jatiasih, jumlahnya lebih kecil, yakni Rp 80 miliar-Rp 100 miliar," ucapnya pada kesempatan ekspos publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (19/8).

Joyce menyebut, perbedaan nilai investasi dari pembangunan rumahsakit tersebut, dialokasikan berdasarkan kebutuhan rumahsakit.

Baca Juga: Mitra Keluarga: Pertumbuhan pendapatan semester II akan sulit tanding awal tahun

Mitra Keluarga Bintaro Tangerang memiliki 180 kapasitas tempat tidur dan 64 tempat tidur operasional, 74 dokter umum dan spesialis, serta 67 perawat. Sementara Mitra Keluarga Pratama Jatiasih Bekasi memiliki 153 kapasitas tempat tidur, 60 tempat tidur operasional, 33 dokter umum dan spesialis, serta 45 perawat.

Sepanjang 29 tahun berdiri, MIKA memiliki 24 rumahsakit dengan, jaringan Mitra Keluarga sebanyak 16 rumahsakit dan Jaringan Grup Kasih sebanyak delapan rumahsakit. Sementara kapasitas tempat tidur MIKA secara total berjumlah lebih dari 2.800 unit.

Baca Juga: Pendapatan Mitra Keluarga (MIKA) naik 15,3% di semester I, ini faktornya

Sampai 2025, MIKA menargetkan akan menambah kapasitas tempat tidur sebanyak 800 unit di 24 rumahsakit. "Dalam periode yang sama, yakni 2025, kami juga menargetkan menambah total jaringan 30 rumahsakit dengan total kapasitas 4.500 tempat tidur," pungkasnya.


Reporter: Amalia Fitri
Video Pilihan


Close [X]
×