kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Momen Ramadan dan Lebaran Menyetrum Penjualan Elektronik


Rabu, 03 April 2024 / 22:03 WIB
Momen Ramadan dan Lebaran Menyetrum Penjualan Elektronik
ILUSTRASI. Penjualan elektronik di toko ritel Tangerang Selatan, Banten, Senin (15/1). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/15/01/2024.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momentum Ramadan dan Lebaran 2024 membawa berkah bagi para produsen elektronik nasional berkat adanya lonjakan permintaan produk dari para konsumen.

Wakil Ketua Umum Gabungan Perusahaan Industri Elektronik dan Alat-alat Listrik Rumah Tangga Indonesia (Gabel) Dharma Surjaputra menyampaikan, Ramadan dan Lebaran selalu menjadi salah satu peak season bagi para pelaku industri elektronik di tiap tahun. 

Selama momen Ramadan hingga jelang Lebaran tahun ini, Gabel mencatat adanya kenaikan penjualan produk-produk elektronik yang terkait peralatan dapur (kitchen appliance). Maklum, aktivitas memasak biasanya meningkat saat bulan Ramadan, baik itu untuk sahur ataupun berbuka puasa.

"Kenaikan penjualan bisa terjadi sekitar 10% sampai 20% pada masa Ramadan," tutur Dharma, Rabu (3/4).

Baca Juga: Ekonomi Melambat, Pasar Sepeda Motor Nasional Lesu pada Awal Tahun Ini

Gabel mengaku, harga jual produk-produk elektronik di pasar masih cenderung stabil saat Ramadan hingga jelang Lebaran sekalipun permintaan di pasar melonjak. Memang, terjadi kenaikan dari sisi harga bahan baku, namun ini tidak sampai membuat para produsen menyesuaikan harga jual produknya ke konsumen akhir.

Sejumlah perusahaan elektronik pun mengalami peningkatan kinerja penjualan saat musim Ramadan dan jelang Lebaran 2024. Salah satunya PT Sharp Electronics Indonesia yang menilai bahwa saat ini pasar elektronik nasional sangat bergairah terutama untuk produk midlow dan produk pendingin seperti lemari es dan air conditioner (AC).

"Peningkatan penjualan  lemari es dan AC Sharp mencapai 30%-40% dibandingkan dengan bulan sebelumnya," kata National Sales Senior General Manager Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo, Rabu (3/4).

Tidak hanya dua produk tersebut, Sharp juga mendapati kenaikan penjualan pada produk magiccom atau rice cooker dan microwave selama Ramadan hingga mendekati Lebaran 2024.

Pihak Sharp menyebut sudah mulai menambah kapasitas produksi pabrik, terutama untuk lemari es dan AC, jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Dengan begitu, stok produk elektronik Sharp di gudang pusat, dealer, hingga toko retail tetap terjaga.

Di samping itu, Sharp juga meluncurkan berbagai promo penjualan serta pameran produk selama Ramadan guna menggaet calon konsumen.

Panasonic Gobel Indonesia turut mengklaim bahwa seluruh kategori produk elektroniknya mengalami kenaikan penjualan cukup signifikan saat Ramadan hingga jelang Lebaran tahun ini. Contohnya, penjualan AC Panasonic melesat 233% pada Ramadan 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Diskon Tarif Tol Minta Ditambah, Begini Respons Bos Jasa Marga (JSMR)

Lonjakan ini dipengaruhi oleh cuaca panas tak menentu dan pemberlakuan kuota impor yang membuat produk AC buatan Panasonic diserbu oleh peritel dan konsumen akhir.

Di samping itu, Panasonic juga mencatat adanya kenaikan penjualan sekitar 4%--13% pada produk lemari es, water dispenser, dan small appliance

"Sedangkan untuk mesin cuci diprediksi akan mulai naik penjualannya dari akhir Maret sampai dengan Mei 2024," imbuh Chief Sales Officer Panasonic Gobel Indonesia Diana Wijaya, Rabu (3/4).




TERBARU

[X]
×