kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Naik 23% di 2023, Blue Bird (BIRD) Melampaui Pendapatan Pra-Pandemi


Senin, 01 April 2024 / 18:56 WIB
Naik 23% di 2023, Blue Bird (BIRD) Melampaui Pendapatan Pra-Pandemi
ILUSTRASI. 'Pengemudi PT Blue Bird Tbk (BIRD) mengisi daya taksi listrik di Jakarta? Blue Bird (BIRD) melanjutkan pertumbuhan pendapatan double digit secara tahunan.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Blue Bird Tbk (BIRD) melanjutkan pertumbuhan pendapatan double digit secara tahunan atawa year on year (YoY) dalam dua tahun berturut-turut. 

Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama BIRD mengungkapkan, Bluebird menghasilkan pendapatan Rp 4,4 triliun di tahun 2023. Pendapatan emiten taksi ini naik 23% dari tahun 2022. 

"Kinerja positif tersebut tidak lepas dari kemampuan Blue Bird menjaga loyalitas dan permintaan pelanggan dengan melakukan berbagai langkah strategis yang mengacu pada kebutuhan pelanggan," ujar pria yang kerap disapa Andre tersebut, Senin (1/4). 

Dia melanjutkan, kinerja positif juga didorong oleh perluasan aset yang cermat, utilisasi armada yang lebih tinggi, dan fokus pada pengembangan teknologi dan layanan unggul. Hasil ini turut membawa Bluebird melampaui catatan pendapatan pra pandemi.

Baca Juga: Blue Bird (BIRD) Kerahkan 84 Unit Bus di Masa Mudik Lebaran 2024

Di tahun yang sama, Bluebird turut mencatatkan pertumbuhan EBITDA hingga 22% menjadi Rp1,1 triliun. Hal ini mendorong pertumbuhan laba bersih sebesar 27% menjadi Rp 463 miliar secara YoY. Pada tahun 2023, Blue Bird meluncurkan versi terbaru dari MyBluebird sebagai inovasi untuk meningkatkan pengalaman mobilitas terbaik. 

EZPay dan EZPoint menjadi fitur pendukung dalam mempermudah metode pembayaran serta turut memberikan manfaat loyalitas kepada pelanggan. Andre menjelaskan, fitur ini turut mendukung kualitas layanan di pangkalan yang tersedia pada touch point favorit pelanggan Edukasi fitur terbaru ini juga didukung kampanye Standar Nyaman Indonesia (SNI) untuk mempromosikan pemahaman tentang standar layanan mobilitas yang sebenarnya, serta kampanye Most Valuable Passenger (MVP) sebagai penghargaan bagi pelanggan setia saat Hari Pelanggan Nasional.

"Bluebird juga melakukan ekspansi bisnis, dengan meluncurkan BirdMobil end to end car ownership solution, dan peluncuran kembali segmen layanan business to business (B2B) Bluebird Corporate Solutions," paparnya.

Baca Juga: Blue Bird (BIRD) Yakin Permintaan Mobil Bekas Jelang Ramadan Meningkat

BIRD juga menambah lebih dari 2.000 armada untuk seluruh segmen layanan sehingga total berjumlah sekitar 23.000 armada. Ia mengatakan, bahwa semua upaya tersebut merupakan komitmen memberikan kemudahan bagi pelanggan melalui beragam jenis layanan yang mendukung mobilitas, beragam saluran pemesanan yang mempermudah aksesibilitas, dan beragam metode pembayaran yang meningkatkan efisiensi transaksi. 

Blue Bird melanjutkan komitmennya terhadap Visi Keberlanjutan Bluebird 50:30. Pada tahun 2023, Blue Bird telah menambah armada listrik menjadi sekitar 200 unit dan memperluas penggunaan panel surya hingga ke Bali. Selain itu, Blue Bird juga turut berkontribusi dan berinvestasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN), untuk mendukung pengembangan mobilitas ramah lingkungan sejalan dengan konsep Smart Forest City.

"Keberhasilan Bluebird dalam meningkatkan kinerja merupakan bukti dari dedikasi dan ketangguhan Blue Bird. Tapi, tentu hal ini tak lepas dari dukungan banyak pihak, baik pengemudi, karyawan, pelanggan, para pemegang saham, maupun masyarakat. Kepercayaan yang diberikan kepada kami turut menjadikan setiap kilometer berarti untuk membangun negeri," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×