Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ninja Xpress mencatatkan peningkatan pengiriman barang dua kali lipat setelah ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah guna mengurangi penyebaran virus Corona atau Covid-19 dan sejak diberlakukannya social distancing dengan menjalankan kampanye #Dirumahaja.
Head of Brand Reputation Ninja Xpress Ribka Pratiwi menjelaskan, masyarakat mengurangi interaksi sosial dengan membeli kebutuhan sehari-hari secara online dan melakukan silaturahmi dengan berkirim paket, sehingga dampaknya terjadi kenaikan transaksi pada jasa kurir.
"Datanya dari April kenaikannya dua kali lipat. Jadi, sampai April ada peningkatan dua kali lipat," kata Ribka dalam konferensi virtual, Jumat (08/5).
Baca Juga: Bantu UMKM lokal bertahan di tengah pandemi corona, Ninja Xpress beri gratis ongkir
Ribka memaparkan, sampai saat ini Ninja Xpress mampu mengirimkan sekitar 400 ribu paket per hari ke seluruh Indonesia. Pengiriman paket tersebut berasal dari e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak, serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjajakan barangnya melalui platform media sosial.
"Kita menyadari jarak dan batas menjadi masalah saat ini. Karena tidak bisa ketemu sama keluarga, saudara, dan teman. Tapi kita sebagai logistik delivery ini kita yang menghubungkan," katanya.
Ribka pun memperkirakan peningkatan pengiriman pada Ramadan sebanyak 2,5 sampai 3 kali lipat. Namun, ia enggan mematok target khusus lantaran Ramadan di saat pandemi baru pertama kali terjadi.
"Tahun lalu memang Ramadan naik sekitar 2,5 sampai tiga kali lipat. Kita enggak tahu tahun ini seperti apa, naik atau turun," ujarnya.
Ninja Xpress juga menggelar beberapa program dan promo yang diberikan kepada para penggunanya selama bulan Ramadan dan masa pandemi Covid-19. Ribka mengatakan, program ini dilakukan karena melihat banyaknya masyarakat ingin memenuhi kebutuhan Ramadan namun terhalang PSBB.
"Walaupun keadaan seperti ini, jarak tidak boleh menjadi penghalang kita untuk dapat merayakan bulan Ramadan," ujarnya.
Program pertama adalah program promo spesial ongkir bersama Shopee. Melalui kerjasama dengan e-commerce Shopee, konsumen akan mendapatkan layanan gratis ongkir ke mana saja.
"Bukan hanya customer saja yang mendapatkan gratis ongkir tapi seller juga berkesempatan mendapatkan hadiah dan dapat menikmati fasilitas program inisiatif pengembangan UKM," katanya.
Program lainnya di antaranya adalah kerja sama dengan Grab untuk layanan on-demand pengiriman paket ke daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) dan seluruh pulau Jawa yang biaya ongkirnya hanya Rp 10.000.
Selanjutnya adalah program donasi bersama Dompet Dhuafa. Ribka mengatakan apabila masyarakat melakukan transaksi melaui Ninja Xpress maka masyarakat sudah ikut berdonasi Rp 1.000.
Hingga saat ini donasi yang terkumpul per April 2020 mencapai Rp 250 juta dan akan disumbangkan ke yayasan panti asuhan Dompet Dhuafa yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat dan Sumatera Selatan.
"Program lainnya adalah Lokalisme. Melalui program ini Ninja Xpress turut mendukung kreator brand lokal untuk lebih dikenal secara nasional maupun internasional," kata Ribka.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News