kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Nissan mulai produksi mesin Xpander pertengahan tahun depan


Selasa, 25 Juni 2019 / 06:58 WIB
Nissan mulai produksi mesin Xpander pertengahan tahun depan

Berita Terkait

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - SEMARANG. PT Nissan Motor Indonesia mengonfirmasi akan memulai produksi mesin untuk Livina dan Xpander pada pertengahan tahun depan. Saat ini, proses produksi mesin berkubikasi 1.500 cc tersebut masih dalam tahap persiapan awal.

Fasilitas produksi Nissan di Indonesia nantinya akan menyediakan 160.000 unit mesin Xpander per tahun dan meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari sebelumnya 71% menjadi 80%. Seperti diketahui, mesin Xpander tersebut juga identik dengan mesin yang digendong All New Nissan Livina.


"Persiapan produksinya sudah mulai, kami sudah mulai melakukan order untuk beberapa equipment dan dalam tahap persiapan untuk tahun 2020," ujar Isao Takeguchi, President Director PT Nissan Motor Indonesia di Semarang, Senin (24/6)

Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa produksi tersebut membutuhkan dana investasi baru. Hanya saja kebutuhan investasi tersebut ditanggung Nissan dan Mitsubishi bersama-sama sebagai aliansi. Takeguchi tak secara spesifik menerangkan valuasi investasi baru tersebut.

Catatan KONTAN, Mitsubishi pada tahun lalu menyebut akan menambah nilai investasi di tanah air sebesar US$ 4 juta khusus untuk menambah kapasitas produksi Xpander. Jumlah tersebut akan memacu produksi Xpander mencapai 160.000 unit pada tahun depan, dari sebelumnya 115.000 unit.

"Kami belum bicarakan lebih lanjut (kapan mulai produksi) tetapi itu akan mulai pada pertengahan tahun 2020, persiapan kami sudah dimulai sejak diumumkan," tutupnya.




TERBARU

Close [X]
×