kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

NTT Ltd Luncurkan Data Center Berkapasitas 45 MW


Kamis, 31 Maret 2022 / 16:20 WIB
NTT Ltd Luncurkan Data Center Berkapasitas 45 MW
ILUSTRASI. Logo perusahaan teknologi NTT Ltd.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi dan informasi asal Jepang, NTT Ltd meluncurkan data center dengan kapasitas 45 Mega Watt (MW) pada Kamis (31/3).

Data center yang diberi nama Jakarta 3 Data Center ini jadi salah satu data center terbesar di Indonesia dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Terletak di Bekasi, 30 kilometer dari pusat kota Jakarta, Jakarta 3 Data Center menawarkan kapasitas yang dapat diperluas dengan dirancang untuk memenuhi persyaratan hyperscaler dan perusahaan kelas atas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Presiden Direktur NTT Ltd Indonesia Mizuho Tada mengungkapkan, lalu lintas digital di Indonesia meningkat secara eksponensial akibat lonjakan transaksi elektronik, sistem dan konten digital selama masa pandemi.

Baca Juga: NTT Ltd Kucurkan US$ 500 Juta untuk Membangun Jakarta 3 Data Centre

Menurutnya, apabila kombinasi pertumbuhan yang pesat pada perusahaan startup dan jumlah populasi yang terus meningkat terjadi, hal tersebut membuat permintaan akan data center hyperscale meningkat tajam.

"Permintaan untuk data storage dan layanan hosting yang terkelola diperkirakan akan tumbuh secara dramatis di seluruh Indonesia. Jakarta 3 Data Center akan mengakomodasi kebutuhan klien khususnya penyedia layanan cloud dan industri keuangan, yang membutuhkan desain fasilitas yang fleksibel untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka," ungkap Tada dalam Acara Peluncuran Jakarta 3 Data Center, Kamis (31/3).

Dia melanjutkan, sebelumnya NTT Indonesia telah menawarkan Jakarta 2 Data Center yang telah menarik banyak layanan dan penyedia konten. Untuk itu, NTT bakal menyediakan layanan jaringan lokal yang terhubung ke dan dari Jakarta 3 Data Center yang baru dibangun.

Lewat skema ini maka diharapkan NTT dapat memainkan peran kunci dalam penyediaan kapasitas data yang vital dengan kecepatan tinggi untuk menjaga ekosistem digital dan ekonomi digital Indonesia yang terus berjalan.

Adapun, perluasan jejak data center di Indonesia merupakan bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dilakukan oleh divisi Global Data Centers dari NTT, yang mengoperasikan salah satu platform data center terbesar di dunia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×