kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OPPO Sambut Baik Babak Baru Perkembangan Teknologi 5G di Indonesia


Minggu, 30 Januari 2022 / 15:33 WIB
OPPO Sambut Baik Babak Baru Perkembangan Teknologi 5G di Indonesia
ILUSTRASI. OPPO. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - Tahun ini, Oppo meyakini perkembangan teknologi 5G di Indonesia akan menjadi lebih baik. Dijadwalkan pada kuartal I tahun 2022, OPPO akan meluncurkan dua produk berteknologi 5G.

Tahun ini, akan menjadi tahapan baru perkembangan teknologi 5G di Indonesia. Pemerintah melalui Kominfo akan segera mentransformasikan migrasi siaran televisi analog ke siaran TV digital (Analog Switch Off-ASO). Migrasi tersebut dilakukan guna penyediaan spektrum frekuensi 700 Mhz untuk pengembangan teknologi 5G.

Migrasi TV analog akan mulai dilancarkan pada bulan April 2022. Pada tahap pertama, siaran TV analog akan dimatikan paling lambat 30 April 2022. Lalu, tahap kedua akan dilakukan selambat-lambatnya pada 25 Agustus 2022. Sedangkan, tahap akhir akan dilakukan selambat-lambatnya pada 2 November 2022.

Public Relations Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menyatakan bahwa provider XL dan Indosat memiliki potensi lebih untuk bisa mengembangkan teknologi 5G di Indonesia.  

Baca Juga: Intip Daftar Harga HP OPPO Termurah dan Terbaik di Januari 2022

“Dengan menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) yang berada pada pita frekuensi 1.800 MHz, XL dan Indosat dinilai mampu untuk pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G. Selain itu, XL dan Indosat memiliki persebaran jaringan yang cukup luas hingga ke daerah-daerah pelosok Indonesia,” ujar Aryo kepada Kontan, Jumat (28/1).

Ia menambahkan bahwa saat ini vendor ponsel seperti OPPO sangat menyambut baik perkembangan teknologi jaringan 5G.  Dalam waktu dekat, pada kuartal I tahun ini OPPO direncanakan akan launching dua produk berteknologi 5G, yang informasinya masih dirahasiakan.

Terkait proyeksi di tahun ini OPPO akan mengeluarkan produk 5G sebanding dengan HP 4G. Rasio jumlahnya adalah 50 : 50, yakni 50 jumlah untuk HP 4G dan 50 jumlah untuk HP 5G.

Perkembangan ponsel berteknologi jaringan 5G sangat bergantung dengan pabrikan chipset. Aryo menjelaskan bahwa perkembangan HP dengan jaringan 5G di Indonesia dipengaruhi oleh pasar internasional. Dengan semakin banyaknya perusahaan semikonduktor seperti Qualcomm ataupun Mediatek yang mengeluarkan chipset 5G, maka akan mendorong para vendor ponsel untuk mengeluarkan HP berteknologi 5G.

Baca Juga: Dari OPPO A15 sampai OPPO A54, Berikut Daftar Harga HP OPPO Termurah 2022

Adapun beberapa HP OPPO yang sudah ditenagai teknologi 5G adalah OPPO Reno5 5G, OPPO Reno6 5G, OPPO Reno6 Pro 5G, dan OPPO Find X3 pro 5G.

Selain itu, Aryo menilai tahun 2022 akan menjadi momentum untuk mempercepat perkembangan teknologi 5G di Indonesia. “Dengan adanya gelaran internasional yang diadakan di Indonesia tahun ini yakni Moto GP 2022 dan KTT G20 di Bali, hal tersebut dapat menjadi ajang bagi Indonesia untuk bisa showcase teknologi 5G,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×