Reporter: David Oliver Purba | Editor: Havid Vebri
JAKARTA. Penurunan penjualan otomotif menular ke bisnis aksesori seperti kaca film. Saat penjualan mobil lesu, penjualan kaca film juga ikut turun. Kondisi ini dirasakan oleh distributor kaca film PT V-Kool Indo Lestari.
Linda Widjaja, Senior Vice President PT V-Kool Indo Lestari bilang, sampai September 2015 penjualan V-Kool turun 20% ketimbang penjualan periode yang sama tahun lalu. "Namun penurunan penjualan V-Kool tidak sebesar penurunan penjualan mobil," klaim Linda kepada KONTAN, Minggu (18/10).
Meskipun demikian, mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penurunan penjualan mobil periode Januari–September 2015 turun 18% ketimbang periode yang sama tahun lalu. Penurunan penjualan inilah yang berpengaruh ke bisnis kaca film.
Tak ingin bisnis kaca filmnya semakin buram, V-Kool berusaha mengintensifkan penjualan. Linda bilang telah menyusun strategi promosi agar bisa menggenjot penjualan. Pertama, menyeponsori acara pameran otomotif.
Yang terbaru, V-Kool berpartisipasi di pameran otomotif Jakarta Auto Show (JAS) bulan ini. Sebelumnya V-Kool meramaikan dua pameran otomotif seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus silam.
Strategi kedua, V-Kool memberikan hadiah bagi konsumen yang membeli produk saat pameran. Hadiah yang ditawarkan antara lain, emas murni 1 gram. "Kami yakin strategi ini bisa membantu penjualan," ujar Linda.
Ketiga, V-Kool menggenjot porsi segmen penjualan dari saat ini 80% untuk pasar pabrikan otomotif atau original equipment manufacturer (OEM), dan 20% untuk penjualan replacement. "Rencana ini masih kami pertimbangkan, setelah mengevaluasi pasar hingga akhir Oktober ini," katanya.
Berbeda dengan bisnis kaca film mobil, produk V-Kool untuk kaca film properti sampai September 2015 justru naik 1%-2%. "Tapi kontribusinya masih kecil," katanya.
Tahun lalu, porsi penjualan V-Kool Indonesia sekitar 20%-25% dari pendapatan global. Selain Indonesia, negara yang memberi kontribusi besar penjualan V-Kool adalah China, Malaysia, dan Thailand.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News