kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pasar otomotif lesu, peluncuran model baru perlu untuk jaga penjualan


Kamis, 10 Oktober 2019 / 20:40 WIB

Pasar otomotif lesu, peluncuran model baru perlu untuk jaga penjualan
Peluncuran BMW seri 7 Long Wheelbase

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif dalam negeri tengah lesu. Pada periode Januari-Agustus 2019 saja misalnya, penjualan mobil tercatat turun 13,5% menjadi 660.286 unit bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 763.444 unit.

Hal yang sama juga terjadi pada segmen kendaraan premium.

Co-Chairman I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto mengatakan penjualan kendaraan premium cenderung mengalami stagnansi dan bahkan sedikit menurun, meski tidak sebesar penurunan yang terjadi pada segmen kendaraan lain.

Kondisi ini diyakini akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2019 nanti lantaran belum adanya katalis-katalis positif yang mampu memicu penjualan.
Dengan kondisi ini, Jongkie memprediksi angka penjualan kendaraan premium tidak akan jauh berbeda dengan angka penjualan tahun lalu dan bahkan sedikit menurun.

Baca Juga: Stimulasi pasar, BMW Luncurkan Seri 7 terbaru

Di tengah kelesuan tersebut, upaya untuk meluncurkan model ataupun varian baru dari unit yang sudah ada dinilai menjadi perlu dilakukan. Upaya ini diyakini dapat menjaga agar angka penjualan mobil setidaknya agar tidak melorot.

“Kalau mobilnya enggak ganti-ganti model, lama-lama tidak akan ada yang beli lagi, pembeli akan berpikir, mobilnya masih sama, ngapain beli lagi," terang Jongkie kepada Kontan.co.id (10/10).

Senada, Vice President of Sales BMW Indonesia Bayu Rianto menilai peluncuran line up baru dapat menstimulasi pasar agar kembali melakukan pembelian kendaraan.

“Kalau menurut kami, daripada kita mempertahankan produk lama, mengeluarkan produk baru akan membuat customer menjadi lebih ada trigger untuk membeli,” ujar Bayu Rianto Kamis (10/10).

BMW Indonesia baru saja mengeluarkan model dan varian terbaru dari BMW seri 7 Long Wheelbase, yakni The New BMW 740Li Opulence dan The New BMW 730Li M Sport.

Kehadiran dua varian baru ini melengkapi model seri 7 BMW Indonesia yang sudah ada sebelumnya.The New BMW 740Li Opulence akan tersedia di semua diler resmi BMW Indonesia mulai hari ini (10/10) dengan harga Rp 2.299 miliar off-the-road.
Sementara itu, seri The New BMW 730Li M Sport baru akan tersedia pada Desember 2019 mendatang dengan harga sebesar Rp 1,82 miliar off-the-road.

 


Reporter: Muhammad Julian
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×