kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,64   8,28   0.89%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasok film untuk streaming, MD Pictures (FILM) membalik kerugian di kuartal pertama


Minggu, 18 April 2021 / 13:46 WIB
Pasok film untuk streaming, MD Pictures (FILM) membalik kerugian di kuartal pertama
ILUSTRASI. Jakarta Film Studio (JFS), fasilitas produksi dan paska produksi film milik PT MD Pictures Tbk (FILM). Penjualan MD Pictures (FILM) tumbuh dua kali lipat atau 107% dari Rp 29,4 miliar pada kuartal pertama tahun 2020.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MD Pictures Tbk (FILM) mencatatkan pertumbuhan signifikan pada penjualan menjadi Rp 61 miliar di kuartal pertama 2021. Penjualan tumbuh dua kali lipat atau 107% dari Rp 29,4 miliar pada kuartal pertama tahun 2020. 

Pertumbuhan penjualan dan penurunan beban operasional memungkinkan MD Pictures untuk secara drastis memperbaiki kinerjanya dari kerugian bersih senilai Rp 7,5 miliar pada setahun sebelumnya menjadi laba bersih senilai Rp 17,3 miliar pada kuartal pertama 2021.

Kontributor utama pendapatan MD Pictures adalah dari kategori film dengan kontribusi sebesar 90,7% dari total pendapatan, setara dengan nilai nominal sebesar Rp 55,3 miliar. Pendapatan lini film tumbuh 196,4% dibandingkan dengan angka pada setahun sebelumnya yaitu Rp 18,7 miliar.

Pendapatan dari kategori film meliputi pendapatan dari digital, sinema, dan televisi. Kontributor pendapatan lainnya terdiri dari sewa bangunan dan sewa peralatan shooting.

Baca Juga: Film KKN di Desa Penari segera tayang, MD Pictures (FILM) kian optimistis tahun ini

Direktur Utama MD Pictures, Manoj Punjabi mengatakan, sebagai bagian dari pivot strategy MD Pictures, tercatat adanya pertumbuhan pesat pada penjualan di sektor digital sebesar 19,76% dibandingkan setahun sebelumnya, dari Rp 3 miliar menjadi Rp 51,04 miliar di kuartal pertama 2021.

Penjualan digital berkontribusi sebesar 92,3% dari total penjualan film dan 88,7% dari total penjualan. Sejalan dengan masa new normal karena pandemi, penjualan program televisi tumbuh dua kali lipat sedangkan penjualan film bioskop masih relatif rendah.

Ia mengatakan, kinerja positif pada kuartal ini merupakan hasil dari tanggapan cepat FILM dalam beradaptasi dengan pandemi COVID-19 di awal 2020 melalui penerapan pivot strategy.

"Kami memasuki pasar dan bentuk konten hiburan baru. Tantangan ini menjadi peluang bagi kami dimana terdapat peluang emas di masa cemas," ungkap Manoj dalam siaran pers, Minggu (18/4).

Baca Juga: MD Pictures (FILM) optimistis bisnis film akan membaik di tahun ini

Dia  melanjutkan, pertumbuhan pesat pada penjualan ini diiringi oleh penurunan pada beban pokok penjualan sebesar 10,9% dibandingkan setahun sebelumnya menjadi Rp 27,3 miliar. Hal ini menghasilkan laba bruto sebesar Rp 33,7 miliar pada kuartal ini. Beban operasional turun sebesar 29,4% dibandingkan setahun sebelumnya dari Rp 24,1 miliar menjadi Rp 17 miliar.

“Perubahan strategi kami untuk menjadi produsen hiburan online menjadikan FILM untuk tidak hanya bertahan di pasar tapi juga berhasil meningkatkan kinerja secara drastis. Sejarah Panjang MD Pictures dalam menghasilkan film dan series original serta beragam franchise yang sukses memungkinkan kami untuk melakukan transformasi cepat dan menerapkan model pendapatan baru yang menghasilkan laba bersih jauh lebih tinggi pada kuartal I 2021,” tambah Manoj.

Ia mengatakan, Indonesia sedang mengalami revolusi digital dan MD Pictures menjadi produsen dan distributor terkemuka untuk hiburan dalam bentuk digital baru, bekerja sama dengan, antara lain, Disney+Hotstar, WeTV dan Iflix, Viu, Netflix, Vidio, Migo, dan Telkomsel Maxstream.

"Ke depan, MD Pictures berencana untuk terus menjadi pemimpin pasar dan memanfaatkan pertumbuhan pesat di industri ini," tutup Manoj.

Baca Juga: MD Pictures (FILM) optimistis kinerja akan membaik pada 2021, ini penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×