kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paxel Teknologi Unggul bidik ekspansi jaringan ke kota-kota baru di luar Pulau Jawa


Minggu, 08 September 2019 / 19:34 WIB
Paxel Teknologi Unggul bidik ekspansi jaringan ke kota-kota baru di luar Pulau Jawa
ILUSTRASI. Jasa Pengiriman Paxel


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Paxel Teknologi Unggul pemilik start up logistik Paxel menargetkan layanannya hadir di kota-kota baru di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota yang ada di Pulau Jawa tetapi juga di kota lain di luar Pulau Jawa.

Zaldy Ilham Masita, COO Paxel menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 11 kota yang dilayani di Jawa dan Bali. Namun pihaknya terus akan memperluas layanan ke kota daerah Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. "Target ada 21 kota yang dilayani oleh Paxel di tahun ini," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (8/9).

Baca Juga: BCA gandeng Ralali.com untuk permudah pembayaran UMKM

Diharapkan pada periode kuartal IV tahun ini seluruh kota tersebut dapat terjangkau. Sehingga tahun depan ditargetkan seluruh ibukota provinsi di Indonesia dapat terlayani. Untuk mendukung rencana tersebut, manajemen juga menyiapkan dana investasi. Sayang ia tak merinci berapa dana yang dibutuhkan untuk memperkuat layanannya.

Hanya saja dengan ada tambahan kota jumlah kurir ikut bertambah. Saat ini sudah ada 1.500 kurir yang tergabung dalam Paxel. Sehingga dengan tambahan kota baru akan ada sekitar 1.600 kurir yang direkrut.

Selain itu, Paxel juga penambahan smart locker sebagai sorting center dan locker untuk pelanggan. Sekedar info, loker tersebut berbentuk screenless dan dilengkapi akses QR Code bagi mitra kurir yang ingin menaruh barang.

Di dalamnya terdapat mini sorting location berbasis AI yang mana akan memproses sorting berdasarkan kota tujuan.

Saat ini ada 110 smart locker yang tersebar di Jabodetabek. Ditargetkan akan ada 300 smart locker yang tersebar di seluruh kota di Jawa. Saat ini harga loker diperkirakan sekitar US$ 3.000 sampai US$ 4.000 atau sekitar Rp 42 juta. "Ini lebih murah daripada sewa ruko," katanya

Baca Juga: Semester II-2019, Paxel bakal ekspansi sembilan kota baru

Menurutnya pemilihan lokasi bergantung dari area yang paling banyak dilewati pengguna, dapat diakses 24 jam dan juga masuk kategori area aman. Tak hanya itu, Paxle juga banya investasi di sistem dan sumber daya manusia (SDM) IT.

Yang jelas layanan pengiriman satu hari dalam kota dengan waktu 8 jam dan pengiriman satu hari antar kota dengan waktu 10-15 jam akan menjadi keunggulan. Oleh karena itu, perluasan bakal dilakukan dengan menjamin layanan tetap prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×