kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,33   17,20   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Pebisnis drone bebaskan biaya sewa drone untuk penyemprotan disinfektan


Jumat, 03 April 2020 / 18:11 WIB
Pebisnis drone bebaskan biaya sewa drone untuk penyemprotan disinfektan
ILUSTRASI. Penggunaan drone untuk mempermudah penyemprotan disinfektan untuk mengatasi penyebaran wabah corona (covid-19) kian marak

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan drone saat ini menjadi pilihan para relawan untuk memudahkan kegiatan penyemprotan disinfektan di tengah pandemik Covid-19.

Ada salah satu pemilik dari bisnis penyewaan drone di Yogyakarta yakni Tono Purwanto mengklaim, dirinya memang menyediakan alat drone mobil dan drone terbang untuk membantu dan memudahkan kegiatan penyemprotan disinfektan.

Bisnis penyewaan yang awal mulanya bukan untuk kegiatan penyemprotan tersebut memang sudah lama dirinya geluti sejak tahun 2014.

Baca Juga: Pakar kesehatan: Semprotan disinfektan di Indonesia dinilai konyol dan pemborosan

Ia juga baru saja memulai untuk memberikan bantuan sewaan drone disinfektan sejak satu bulan lalu di mana ketika Covid-19 sudah masuk ke Indonesia.

Ia juga mengklaim banyak sekali permintaan dari beberapa lembaga kesehatan dan organisasi kesehatan seperti Palang Merah Indonesia (PMI) yang memerlukan drone untuk kemudahan penyemprotan.

Tono juga bilang, dirinya beserta tim memang sudah merancang kegiatan penyewaan ini kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Bahkan, ia tak mengenakan biaya sewa untuk penggunaan drone mobil maupun drone terbang selama penyemprotan disinfektan.

“Kita tidak kenakan biaya sewa, karena ya ini harus bergerak dari hati kemanusiaan, kalau untuk sewa-sewa di luar disinfektan tentunya ada biaya,” Jelas Tono kepada Kontan.co.id.

Baca Juga: Depok akan berlakukan local lockdown

Ia juga bilang bahwa sejak Covid-19 hadir, bisnis penyewaan drone pun sangat turun drastis hingga 70% sejak 2 bulan lalu. Biasanya setiap hari ada saja yang menyewa drone di tempatnya.

Jika berminat untuk menggunakan jasa drone disinfektan ini, Tono juga memberikan beberapa pilihan drone seperti Drone sinar UV menggunakan drone mobil, drone terbang untuk disinfektan dengan ukuran 5-20 liter dan lain-lain.

“Kalau sekarang drone terbangnya kita sudah tidak lakukan, sekarang kita pakai drone mobil untuk sinar UV di rumah-rumah penduduk,” ujarnya.

Ia berharap, dengan membantu sesama manusia yang membutuhkan, pandemik Covid-19 juga akan segera hilang. Setelah itu, ia juga berencana untuk memulai dari awal lagi bisnis penyewaan drone miliknya. Rencananya, ia akan memberikan kemudahan pembayaran berjangka bagi para penyewa.

“Jadi tak semata-mata kita butuh uang saja, pembayaran berjangka juga perlu dilakukan untuk memulihkan bisnis drone saya,” tutupnya. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×