kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.806.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.564   1,00   0,01%
  • IDX 6.511   38,26   0,59%
  • KOMPAS100 929   5,57   0,60%
  • LQ45 735   3,38   0,46%
  • ISSI 201   1,06   0,53%
  • IDX30 387   1,61   0,42%
  • IDXHIDIV20 468   2,62   0,56%
  • IDX80 105   0,58   0,56%
  • IDXV30 111   0,69   0,62%
  • IDXQ30 127   0,73   0,58%

Pemerintah Targetkan Harbolnas 2024 Capai Rp 40 Triliun, Shopee Siap Dukung


Selasa, 10 Desember 2024 / 16:41 WIB
Pemerintah Targetkan Harbolnas 2024 Capai Rp 40 Triliun, Shopee Siap Dukung
ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Budi Santoso, dan Menteri UMKM Maman Abdurrahman di Harbolnas 2024, Jakarta, Jumat, 6/12/2024


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah secara resmi meluncurkan kampanye tahunan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 yang akan berlangsung selama tujuh hari, mulai 10 hingga 16 Desember.

Acara peluncuran ini digelar di The Park Pejaten Mall, Jakarta pada Jumat (6/12), dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Budi Santoso, serta Menteri UMKM Maman Abdurrahman.

Baca Juga: Airlangga Ungkap Upaya Genjot Belanja Masyarakat di Sisa Akhir Tahun 2024

Airlangga Hartarto mengungkapkan optimisme bahwa Harbolnas tahun ini mampu mencapai target penjualan sebesar Rp40 triliun.

“Diharapkan, kampanye Harbolnas yang berlangsung selama 7 hari ini dapat mendongkrak penjualan. Kalau tahun lalu sekitar Rp25,7 triliun, tahun ini diharapkan bisa naik menjadi Rp40 triliun,” ujarnya melalui keterangan resmi.

Menteri UMKM Maman Abdurrahman menyoroti peran Harbolnas dalam mendukung  pelaku UMKM.

“Kami bersyukur sekali adanya program Harbolnas ini. Karena tentunya pihak yang paling diberikan pemanfaatan terbesar adalah teman-teman kita, saudara-saudara kita—pengusaha UMKM. Maka dari itu, kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan,  Kementerian  Komunikasi  dan Digital, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan terutama dari teman-teman idEA sebagai asosiasi ataupun organisasi yang mewadahi e-commerce,” ucapnya.

Baca Juga: Dukung Harbolnas2024,Mendag Budi:Nilai Transaksi Niaga Elektronik Diproyeksi Rp 487 T

Menteri Perdagangan Budi Santoso menambahkan pesan mengenai pentingnya kolaborasi untuk memastikan kesuksesan Harbolnas.

“Kami mendukung program Harbolnas yang sudah berjalan selama 13 tahun. Mudah-mudahan Harbolnas kali ini memenuhi target. Jadi dimohon teman-teman untuk dapat mendukung program ini,” jelas Budi.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2012, Harbolnas telah berkembang menjadi kampanye belanja online terbesar yang selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia.

Kampanye ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui berbagai penawaran menarik, seperti diskon besar-besaran, cashback, dan gratis ongkir, yang melibatkan berbagai platform e-commerce serta pelaku UMKM.

Baca Juga: Airlangga: Akan Ada 480 UMKM yang Ikut Program Harbolnas Pemerintah

Dalam turut mendukung kesuksesan Harbolnas yang diharapkan dapat mencapai target pencapaian Pemerintah  di setiap tahunnya, platform e-commerce, seperti Shopee senantiasa menghadirkan beragam promo spesial dan pendekatan yang inovatif, untuk menarik perhatian pengguna di setiap gelaran Harbolnas.

Selain menawarkan promo menarik melalui Harbolnas, sejak tahun lalu, Shopee juga mendukung UMKM dengan mengadaptasikan tren perilaku pembeli melalui live shopping.

“Tahun ini Shopee kembali mendukung UMKM di penyelenggaraan Harbolnas melalui pendekatan live shopping, jadi selain membuat program Spesial Harbolnas di aplikasi untuk para UMKM, kita meningkatkan eksposur penjualan mereka juga melalui live shopping, khususnya di 12 Desember nanti,” jelas Balques kepada Airlangga Hartarto di booth Shopee.

Baca Juga: Bakal Ada Harbolnas di Desember, Target Transaksi Diprediksi Jadi Rp 30 Triliun

Dengan partisipasinya dalam Harbolnas 2024, Shopee kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia, meningkatkan daya saing UMKM, bahkan berpotensi untuk mendorong produk lokal untuk go internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU

[X]
×