kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemudik Manfaatkan Layanan Serambi MyPertamina di Enam Rest Area


Selasa, 09 April 2024 / 14:59 WIB
Pemudik Manfaatkan Layanan Serambi MyPertamina di Enam Rest Area
ILUSTRASI. Penjualan motor di salah satu booth si spbu pertamina Jakarta, Kamis (21/3/2024). Menurut laporan AISI, penjualan motor pada Januari-Februari yang lalu secara berturut-turut mencatat 592.658 unit dan 558.685 unit. Angka ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2023, yaitu sebesar 615.416 unit dan 575.502 unit./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/21/03/2024.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga menyediakan Serambi MyPertamina di enam rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Lokasinya berada di rest area KM 43 A, rest area KM 57 A, rest area KM 260 B, rest area KM 379 A, rest area tol Mojokerto-Surabaya 725 A, serta rest area Tol Pandaan Malang 66A. 

Salah satu rest area yang menjadi favorit pengguna jalan tol adalah rest area Tol Jakarta Cikampek (Japek) KM 57. Di lokasi tersebut, Pertamina juga menyediakan Serambi MyPertamina yang menyediakan fasilitas lengkap dan bersih.

Fasilitas tersebut berupa WiFi, toilet, mushola, playground anak, layanan kesehatan uji tensi dan uji darah. Serambi MyPertamina juga menyediakan kursi pijat bagi pemudik yang kelelahan.

Baca Juga: Lebaran, Kilang Pertamina Internasional Pastikan Produksi dan Pasokan BBM Aman

Chandra, salah satu pemudik asal Depok yang akan menuju ke Cilacap bersama keluarga, menuturkan Serambi MyPertamina di Rest Area KM 57 memiliki fasilitas yang lengkap dan toilet yang bersih. "Kalau berhenti alasannya di KM 57 ini memang jadi favorit dari dulu jadi di sini fasilitasnya lengkap, tempat makannya banyak pilihannya, toiletnya bersih-bersih dan jumlahnya banyak," kata dia. 

Pengunjung lainnya, Dita juga memberi testimoni bahwa fasilitas di rest area KM57 bersih serta pelayanannya yang dirasa sangat baik. "Layanan Serambi MyPertamina top banget. Ada kursi pijat, ada coffee break, layanan kesehatan, playground anak, mewarnai dan dapat hadiah. Pelayanan bagus, toilet bersih, teratur juga. Tidak macet seperti di KM lainnya. Pelayanan SPBU baik, respon cepat," kata Dita.

Tak hanya itu, Dita sebagai pengguna aplikasi MyPertamina mengatakan, aplikasi MyPertamina sangat memudahkan transaksi di SPBU. "Kami juga dapat poin yang bisa di-redeem di outlet," ujar dia.

Dita berharap Serambi MyPertamina akan terus ada di setiap musim mudik dan fasilitas dapat ditingkatkan. "Harapannya setiap tahun ada dan waktunya diperpanjang karena mudik tidak hanya beberapa hari," ujar dia.

Pengguna Serambi MyPertamina lainnya, Gerry Fauzan bilang, tempat ibadah di Serambi MyPertamina bersih dan harum. "Musholanya bersih dan wangi sehingga kami bisa beribadah dengan nyaman. Ornamen menarik, eksterior dan interiornya bagus," kata Gerry.

Baca Juga: Pertamina Beri Layanan Serambi MyPertamina di Enam Rest Area

Pertamina juga membantu pemudik dengan kehadiran modular di SPBU Pertamina. Ada dua modular untuk BBM jenis Pertamax yang bisa digunakan sebagai pemecah antrean jika terjadi penumpukan di SPBU Rest Area KM 57.

Selain menyediakan Serambi MyPertamina, Pertamina juga menyiagakan Pertamina Patra Niaga Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idulfitri (Satgas RAFI) 1445 H pada 25 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

Tidak hanya berasal dari internal Pertamina Group, satgas yang dibentuk Pertamina Patra Niaga juga menggandeng berbagai stakeholder seperti Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, Kepolisian, TNI, Jasa Marga, dan Telkom Indonesia. Tujuan adanya Satgas ini adalah untuk memastikan kebutuhan energi baik BBM, LPG, hingga Avtur terpenuhi dengan baik.

Secara umum, keberadaan Serambi MyPertamina di beberapa rest area, termasuk Tol Trans Jawa membantu para pemudik, terutama konsumen Pertamina untuk beristirahat di tengah perjalanan sehingga fasilitas tersebut dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas. Salah satu pemicu kecelakaan adalah kelelahan dan mengantuk. Maka layanan yang diberikan PT Pertamina Patra Niaga sebagai Commercial and Trading Subholding PT Pertamina tersebut diharapkan bisa membantu pemudik untuk memulihkan kondisi sehingga bisa lebih segar dan berkonsentrasi dalam melanjutkan perjalanan.

Serambi MyPertamina juga menyediakan berbagai obat-obatan dan vitamin yang dibutuhkan termasuk multivitamin, vitamin C, minyak kayu putih hingga pereda masuk angin. Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, beserta tim Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) dan Jawa BagianTengah (JBT) telah mengecek layanan Pertamina Patra Niaga di sepanjang arus mudik dari Jakarta-CIkampek (Japek), Semarang, hingga Yogyakarta. Hal ini untuk memastikan kesiapan pendistribusian BBM dan LPG terutama di wilayah arus mudik.

Pertamina Patra Niaga sejak awal mengaku telah meningkatkan ketahanan stok sejak H-14 Idul Fitri, menyiagakan sarana dan fasilitas utama yang meliputi 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 48.207 Agen & Outlet LPG, dan 71 DPPU. 

Khusus LPG, Pertamina sudah menambahkan pasokan LPG untuk mengantisipasi kebutuhan selama lebaran.  Baik stok maupun penyaluran di berbagai sarana dan fasilitas ini dimonitor di Integrated Enterprise Data & Center Command Center (IEDCC) yang siaga selama 24 jam, termasuk ada koneksi CCTV ke 750-an SPBU di jalur utama. 

Baca Juga: Konsumsi BBM Pertamina di H-3 Lebaran Naik, Pertamax Melesat Paling Tinggi

Pertamina menyebut, semua bentuk pengaduan, keluhan maupun permintaan bantuan terkait layanan dari Pertamina, masyarakat pengguna layanan Pertamina dapat menghubungi Call Center 135.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×