kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengembang Berlomba Kembangkan Hotel Bujet


Selasa, 13 Juli 2010 / 15:51 WIB


Reporter: Gloria Haraito |

JAKARTA. Permintaan hotel berfasilitas tinggi dengan harga terjangkau alias hotel bujet diperkirakan akan melonjak. Maklum, perekonomian yang membaik tahun ini membuat perusahaan banyak mengirimkan karyawannya melakukan perjalanan bisnis. Belum lagi sektor pariwisata yang kembali bergairah.

Melihat tren permintaan yang meningkat ini, beberapa pengembang gencar mengembangkan hotel bujet. Tengoklah PT Bakrieland Development Tbk lewat anak usaha PT Bakrie Nirwana Semesta yang terus mempersiapkan pengoperasian hotel bujet di Tenggarong, Kutai Kertanegara.

Di Tenggarong, Bakrie Nirwana akan mengelola hotel milik Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara, yakni Hotel Singgasana dan Hotel Lesong. Saat ini, hotel tersebut memasuki tahap konstruksi ulang menjadi hotel bujet. Bakrie Nirwana menargetkan hotel ini bisa beroperasi sebagai hotel bujet di semester II-2010. Pembangunan hotel ini termasuk dalam rencana jangka panjang Bakrie Nirwana yang ingin membangun 50 hotel bujet.

Menurut Presiden Direktur Bakrieland, Hiramsyah S Thaib, pembangunan satu hotel bujet akan memakan investasi kurang dari Rp 50 miliar. Bakrie Nirwana belum memberikan nama baru untuk hotel tersebut. Yang jelas, hotel ini diperkirakan akan memberikan pelayanan hotel bintang tiga atau bintang empat dengan harga bintang dua. Hotel jenis ini biasanya memiliki luas kamar 3x5 meter persegi (m2) dengan sarapan, layanan internet, teve satelit, peralatan mandi, serta AC.

Hiramsyah memandang, harga komoditas yang semakin membumbung membuat pendapatan daerah luar Jawa ikut terdongkrak. Beberapa komoditas yang diyakini masih akan jadi jagoan ke depan antara lain minyak mentah, CPO, dan batubara.

"Pebisnis yang sering melakukan perjalanan biasanya tidak membutuhkan hotel mewah namun memiliki fasilitas bagus, di situlah hotel bujet berpeluang meraih pasar," tutur Hiramsyah. Melihat tren ini, Bakrieland memandang langkah masuk ke daerah penghasil komoditas menjadi strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×