kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengiriman Barang Lion Parcel Naik 30% saat Periode Ramadan-Lebaran


Selasa, 17 Mei 2022 / 14:18 WIB
Pengiriman Barang Lion Parcel Naik 30% saat Periode Ramadan-Lebaran


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lion Express atau Lion Parcel, perusahaan jasa ekspedisi yang berafiliasi dengan Lion Air Group, mencatat volume pengiriman barang naik hingga 30% selama Ramadan dan Lebaran 2022.

CEO Lion Parcel Farian Kirana menyebutkan, kenaikan ini melampaui target awal yang cuma sebesar 10%.

"Tahun ini, Ramadan Lebaran berbeda dengan tahun lalu. Dengan adanya mudik Lebaran dan pelonggaran pembatasan mobilitas masyarakat turut mendorong capaian kinerja tersebut. Karena tidak ada larangan mudik volume pengiriman naik sampai 30% lebih tinggi,” kata Farian dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Selasa (17/5).

Lion Parcel juga efektif mengoperasikan 15.000 kurir dan 3.000 armada di periode tersebut. Perusahaan ini juga telah memiliki 7.000 agen Lion Parcel yang tersebar di beberapa wilayan di Indonesia.

Baca Juga: Lion Parcel Bidik Volume Pengiriman Tumbuh 50% di 2022, Begini Strateginya

Farian menyebutkan, pada periode Ramadan Lebaran tahun ini, pasar pengiriman masih didominasi fesyen atau busana muslim. Selain dari area Jabodetabek, kontributor pengiriman tertinggi juga datang dari kota-kota besar lain di Indonesia seperti Medan, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, hingga Makassar.

Dia juga menyebut ada peningkatan yang cukup tinggi apalagi jika dibandingkan dengan dua Ramadan dan Lebaran sebelumnya di mana mobilitas dibatasi akibat pandemi.

“Lebaran tahun ini semua flight hidup dan antrean lebih panjang, in a good direction, karena lebih lancar [pengiriman] via udara,” ujarnya.

Sebaliknya, Farian menyebut, pengiriman via darat mengalami sejumlah kendala keterlambatan baik di Jawa maupun yang ke luar Jawa. Dia mengatakan, volume pengiriman meningkat sehingga titik pengiriman bertambah, dan berdampak pada waktu pengiriman lebih panjang.

Ke depannya, Lion Parcel akan menghadirkan hub baru di Bandung, Surabaya, dan Palembang

Baca Juga: Begini Strategi Lion Parcel Hadapi Lonjakan Permintaan Pengiriman Selama Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×