Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) sukses membantu mendorong penjualan hunian tahun ini. Insentif tersebut masih berlanjut hingga akhir tahun ini, meski pajak yang ditanggung tinggal 50%.
Dengan insentif tersebut, pengembang bisa berkreasi merancang program promo untuk mendorong penjualan. Termasuk pengembang apartemen yang progres Opembangunannya dipastikan bisa serah terima hingga Desember 2024.
Ciputra Group misalnya, merasakan dampak dari insentif tersebut. Penjualan apartemen pengembang ini yang berlokasi di kawasan superblock Ciputra World 2 Jakarta mengalami pertumbuhan signifikan di paruur pertama tahun ini.
Direktur Ciputra Group Sugwantono Tanto mengatakan, penjualan unit apartemen The Newton 1 dan 2 pada paruh pertama ini lebih baik dibanding semester I dan semester II 2023. Pertumbuhannya mencapai sekitar 15%- 20%.
Baca Juga: Ini Proyeksi Bisnis Properti Ciputra (CTRA) di Semester II 2024
“Selain didorong insentif PPN DTP, tingginya permintaan unit apartemen di Ciputra World 2 Jakarta juga karena harganya yang sangat kompetitif mulai dari Rp1 miliaran.” kata dia dalaï keterangan resminya, Selasa (16/7).
Ia menambahkan, apartemen di kawasan segi tiga emas Jakarta seharga Rp 1 miliaran hampir sudah tidak ada lagi, kecuali di Ciputra World 2 Jakarta. Saat ini di The Newton 2 masih ada unit harga Rp 1 miliaran.
Apartemen Tower The Newton 2 merangkum sekitar 426 unit dan ditargetkan akan serah terima secara bertahap mulai September 2024. Dengan begitu, pembeli masif bisa menikmati PPN DTP 50% tau diskonh arga 5,5%
Seperti diketahui, Ciputra World Jakarta 1 dan 2 memiliki luas lahan 17 hektare (ha). Sugwantono bilang, land bank Ciputra World 2 Jakarta masih cukup besar. Direncanakan masih ada satu tower mixed use (hotel dan apartemen) yang akan dibangun di samping Tokopedia Tower.
Ciputra World Jakarta 2 memiliki luas lahan sebesar 3,5 ha dan mulai dikembangkan sejak 2011. Saat ini sudah berdiri tower residensial dan sati tower perkantoran (Tokopedia Tower) dengan tingkat hunian mencapai 70%.
Seiring dengan mulai bergairahnya pasar apartemen tersebut, Ciputra Group telah meresmikan Marketing Gallery Ciputra World Jakarta pada 12 Juli 2024. Perseroan juga berkolaborasi dengan Unicorn Gallery dan Jangjo, perusahaan pengelolaan sampah zero waste, dalam menyelenggarakan pameran seni rupa selama periode 13 Juli hingga 13 Agustus 2024.
Baca Juga: Adhi Commuter Properti (ADCP) Groundbreaking Hunian Vertikal Grand Central Bogor
Direktur Utama Ciputra Development, Tbk (CTRA) Chandra Ciputra mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan visi Ciputra Group untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan mencerminkan dedikasi kami terhadap pelestarian lingkungan. Sebagai pengembang real estate Ciputra Group ingin berkontribusi langsung terhadap usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup demi masa depan lebih baik.
”Kemitraan ini mencerminkan komitmen kami untuk mengintegrasikan praktik ramah lingkungan. Kami ingin menunjukkan bahwa properti tidak hanya tentang bangunan fisik, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” kata Chandra.
Hasil penjualan karya seni dalam pameran ini akan didonasikan ke organisasi nirlaba yang berfokus pada pembangunan kembali sekolah dan penyediaan furnitur berbahan sampah plastik yang menekankan tema sirkularitas.
Marketing Gallery Ciputra World Jakarta berlokasi persis di sebelah Kopitagram Centang Biru Kuningan. Lokasinya sangat strategis dan siap menjadi pusat informasi untuk memamerkan proyek-proyek unggulan Ciputra Group, termasuk Apartemen The Newton 2 yang sedang dipasar, Apartemen The Orchard, dan gedung perkantoran di Ciputra World Jakarta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News