kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.527.000   -7.000   -0,46%
  • USD/IDR 15.729   -84,00   -0,54%
  • IDX 7.629   -65,95   -0,86%
  • KOMPAS100 1.179   -10,34   -0,87%
  • LQ45 935   -7,93   -0,84%
  • ISSI 230   -1,52   -0,65%
  • IDX30 483   -3,68   -0,76%
  • IDXHIDIV20 579   -3,42   -0,59%
  • IDX80 134   -1,02   -0,76%
  • IDXV30 141   -0,70   -0,50%
  • IDXQ30 160   -0,79   -0,49%

Penjualan Mini ditargetkan diatas 10% tahun depan


Jumat, 14 Desember 2012 / 10:16 WIB
Penjualan Mini ditargetkan diatas 10% tahun depan
ILUSTRASI. Dapur minimalis dengan lantai keramik warna monokrom. Foto:?Instagram @zahnafliesen


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Meski baru masuk pasar Indonesia pada Desember 2011, PT BMW Indonesia, selaku agen tunggal Mini atau Mini Cooper di pasar Indonesia optimistis bisa meraih pertumbuhan penjualan di atas 10% tahun depan.

Dari awal masuk sampai saat ini, Mini sudah terjual sebanyak 365 unit. Adapun angka penjualan dari Januari sampai September 2012 menggapai 266 unit.

Helena Abidin, Direktur Komunikasi Pemasaran PT BMW Indonesia yakin melihat angka penjualan tersebut, penjualan Mini tahun depan diproyeksikan bisa tumbuh double digit.

Apalagi di bulan April atau Mei 2013, BMW Indonesia bakal memasukkan varian tergres dari salah satu mobil legendaris Inggris ini, yakni Mini Pacemen. "Kami optimistis dengan pasar Mini tahun depan melihat pasar Indonesia yang cukup antusias dengan kehadiran Mini," katanya kepada KONTAN kemarin.

Helena bilang, keantusiasan pasar Indonesia ini dibuktikan dengan posisi penjualan Indonesia yang masuk peringkat kedua setelah Thailand. Padahal, Mini di Thailand sudah masuk lebih lama dari di Indonesia. Malah, penjualan Mini di Indonesia ini melebihi penjualan di Singapura.

Namun ia mengklaim lupa angka penjualan Mini di Thailand dan Singapura. Begitu pula soal harga dan target penjualan Mini Pacemen tahun depan. Namun situs Motortrend mengestimasikan harga mini Pacemen sekitar US$ 28.000.

Jentri Izhar, Head of Mini PT BMW Indonesia mengatakan Mini Cooper sendiri mereka kagetorikan masuk pasar mobil kecil premium (small premium).  Pertumbuhan bisnis pangsa mobil kecil premium ini cukup bertaji, yakni sekitar 40% tahun ini. "Strategi pemilihan pangsa pasar yang kami terapkan tergolong berhasil," katanya.

Ia lantas membandingkan dengan pertumbuhan industri otomotif pada umumnya yang mencapai 10% per tahun. Lantas pertumbuhan bisnis mobil kecil sekitar 18% per tahun dan mobil premium bisa mencapai 87% per tahun.

Lebih lanjut Jentri menuturkan bahwa untuk penjualan Mini di November 2012, yang terbanyak adalah tipe hatchback sebanyak 56 unit. Disusul Mini Countryman sebanyak 20 unit dan Mini Cabrio sekitar 13 unit. Sisanya model yang lainnya, seperti Mini Clubman, Mini Cabrio, dan Mini Coupe.

Harga Mini sendiri tidak mini. Yakni sekitar Rp 450 juta sampai Rp 720 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×