Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menutup Semester I-2022, pasar otomotif nasional mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 465.000 unit, atau naik sekitar 20% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 387.000 unit.
Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel di periode Januari-Juni 2022 sebanyak lebih dari 90.000 unit, atau naik sekitar 35% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu. Dengan demikian, kenaikan persentase penjualan Daihatsu lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional.
Selain itu, Daihatsu juga alami kenaikan market share menjadi 19,3%, atau tumbuh sebesar 2,2% dibandingkan periode semester I-2021 sebesar 17,3%.
Baca Juga: Daihatsu Lakukan Strategi Multisourcing Akibat Krisis Semikonduktor Global
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu terus didominasi oleh tiga model teratas, seperti Sigra sebanyak 22.282 unit atau berkontribusi 24,5%, lalu disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 21.162 unit (23,3%), dan Xenia dengan raihan 11.779 unit (13,0%).
Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengungkapkan rasa terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan yang telah berkontribusi besar terhadap capaian Daihatsu sampai saat ini.
Baca Juga: Daihatsu Resmi Luncurkan Penyegaran Model Sigra, Ini Spesifikasinya
"Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” tandas dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (12/7).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News