kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Penumpang angkutan Natal & Tahun Baru naik 5,3%


Senin, 16 Januari 2017 / 19:32 WIB
Penumpang angkutan Natal & Tahun Baru naik 5,3%


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Jumlah penumpang pada penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 yang dilakukan mulai 18 Desember 2016 hingga 9 Januari 2017 mengalami peningkatan 5,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Data tersebut diperoleh dari hasil monitoring yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Pada tahun ini tercatat jumlah total penumpang angkutan umum di semua moda sebanyak 19,74 juta penumpang. Sementara pada tahun sebelumnya hanya mencapai 18,74 juta penumpang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, rata-rata jumlah penumpang baik di angkutan laut, udara dan perkeretaapian mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. Kenaikan tertinggi terjadi pada angkutan kereta api yang naik 11,22% dengan jumlah total penumpang 6,06 juta penumpang.

Kemudian disusul angkutan laut yang naik 11,05% dengan jumlah 932.864 penumpang, angkutan udara naik 5,48%  menjadi 6,88 juta penumpang dan angkutan penyeberangan naik 0,34% menjadi 3,35 juta penumpang. Sementara untuk angkutan jalan justru mengalami penurunan sebesar 3,07% menjadi 2,50 juta penumpang dibanding tahun lalu.

"Penyelenggaraan Angkutan Nataru tahun ini relatif lebih lancar dan lebih tertib. Semua penumpang dapat terangkut dan teratur dengan baik. Kondisi lalu lintas pun relatif lebih lancar dibanding tahun lalu," kata Budi dalam keterangan resminya, Senin (16/1).

Beberapa kejadian menonjol yang terjadi selama penyelenggaraan Angkutan libur akhir tahun tersebut sebagian besar terjadi di pada angkutan udara. Di antaranya terjadinya longsor pada runway di bandara H. Aroeboesman, Ende yang menyebabkan beberapa penerbangan dialihkan.

Lalu, pesawat Wings Air jenis ATR 72 mengalami overshoot di bandara Ahmad Yani Semarang, adanya keterlambatan penerbangan Citilink QG 800 rute Surabaya menuju Jakarta akibat pilot yang diduga mabuk dan pesawat Susi Air jenis Pilatus PC 06 mengalami accident di bandara Ilaga, Papua.

Di angkutan jalan, gangguan lalu lintas terjadi akibat bergesarnya Jembatan Cisomang yang mengakibatkan dilarangnya kendaraan diatas golongan I untuk melewati jembatan tersebut.

Sementara pada angkutan kereta api terjadi kejadian sebuah motor yang menabrak kereta api yang menyebabkan 1 orang pengendara motor meninggal dan satu orang pejalan kaki terserempet kereta api.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×