Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofarma Tbk (INAF), anak usaha Bio Farma Group, berkomitmen menambah dan memperkuat jaringan distribusi. Emiten pelat merah ini menandatangani kerja sama distribusi dengan PT Bintang Kencana Artha pada Rabu 17 Mei 2023 bertempat di kantor Indofarma Bekasi.
Kerja sama mencakup aspek penjualan dan distribusi obat generik berlogo (OGB), obat generik bermerek, dan produk over the counter (OTC) baik untuk pemenuhan pasar reguler ataupun tender pemerintah.
Kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Sales & Marketing Indofarma Kamelia Faisal dan Direktur Bintang Kencana Fongky Mustank Sukimto dan disaksikan oleh Direktur Utama Indofarma, Agus Heru Darjono.
Kerja sama yang terjalin ini akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pangsa pasar penjualan produk Indofarma. Direktur Utama Holding BUMN Farmasi (Bio Farma Group) Honesti Basyir menyampaikan bahwa Biofarma Group senantiasa memperkuat jaringan distribusi guna memenuhi aspek ketersediaan dan keterjangkauan produk.
Baca Juga: Emiten Farmasi Masih Kurang Sehat
“Sesuai dengan tujuan dari pembentukan holding BUMN farmasi yaitu untuk meningkatkan ketersediaan produk sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengakses pengobatan dan fasilitas kesehatan," ungkap Honesti dalam siaran pers, Jumat (19/5).
Dia melanjutkan, dengan kerja sama ini, Indofarma kini memiliki jaringan distributor yang lebih luas. Indofarma telah bekerja sama dengan enam distributor, termasuk Bintang Kencana.
Bio Farma sebagai induk holding BUMN memiliki lima distributor dengan lebih dari 90 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Bio Farma Group berkomitmen untuk terus mempertahankan dan membangun hubungan baik dengan masyarakat.
Direktur Utama Indofarma Agus Heru Darjono menyampaikan bahwa business to business (B2B) partnership ini merupakan salah satu key strategy shifting initiative perusahaan dalam upaya penyehatan Indofarma untuk memastikan kelangsungan dan keberlanjutan usaha ke depan.
Baca Juga: Indofarma (INAF) Memperoleh Pinjaman Rp 157 Miliar dari Bio Farma
“Kerja sama ini merupakan bagian dari inisiatif strategis Indofarma untuk memperkuat lini bisnis manufaktur serta menambah jaringan distribusi guna memastikan ketersediaan produk di seluruh Indonesia melalui pengembangan customer channel yang dimiliki Bintang Kencana," tambah Agus.
Menurut dia, saat ini Indofarma tengah menggarap beberapa kerja sama B2B untuk mengoptimalkan penjualan dan utilisasi fasilitas produksi.
"Selain langkah-langkah restrukturisasi keuangan dan operasional yang tengah dilakukan, strategi business shifting ke arah B2B ini akan memberikan percepatan pada keberhasilan turn around Indofarma menjadi perusahaan yang sehat," tutur Agus.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News