kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,77   5,31   0.58%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permintaan produk kemasan Yanaprima (YPAS) naik 10% selama pandemi


Selasa, 22 September 2020 / 05:05 WIB
Permintaan produk kemasan Yanaprima (YPAS) naik 10% selama pandemi


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) mengakui terjadi peningkatan permintaan pada sejumlah produk kemasannya di masa pandemi. Adapun untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya, YPAS memprioriaskan pembelian bahan baku dari lokal untuk menghindari risiko fluktuasi kurs rupiah terhadap dolar.

Direktur YPAS, Rinawati menjelaskan sejauh ini permintaan kemasan ada sedikit peningkatan yakni untuk Kemasan beras dan semen. Adapun permintaannya meningkat kurang lebih 5%-10%.

"Adapun untuk realisasi utilitas produksi saat ini masih mencapai 70% dari kapasitas mesin, YPAS masih terus berusaha untuk meningkatkan dan mengoptimalkan produksi," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (17/9).

Adapun targetnya produksi kemasan industri akan ditingkatkan menjadi 80% dari utilitas dan sisanya 20% untuk kemasan pasar.

Baca Juga: Begini prospek bisnis kemasan di tengah pandemi Covid-19

Di tengah peningkatan permintaan tersebut, YPAS tentu harus memastikan kecukupan bahan baku. Rinawati mengatakan saat ini selain tetap menjaga buffer stock sesuai dengan kebutuhan produksi, YPAS juga terus memantau harga bahan baku dari lokal maupun impor.

Rinawati mengatakan terjadinya fluktuasi kurs rupiah terhadap dolar yang cukup signifikan dalam dua minggu terakhir, membuat YPAS harus memenuhi kebutuhan baku lebih banyak dari lokal karena harganya lebih baik dibandingkan impor.

"Adapun YPAS belum melakukan strategi hedging karena perusahaan melihat masih belum efisien. Oleh karenanya, YPAS untuk sementara lebih prioritaskan pembelian bahan baku lokal agar terhindari dari risiko fluktuasi dollar AS yang sangat tidak stabil," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×