Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meluncurkan aplikasi New PLN Mobile dengan menghadirkan fitur dan tampilan baru yang diklaim dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan pengalaman layanan listrik yang berbeda kepada pelanggan.
Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menuturkan kehadiran aplikasi ini sebagai bagian untuk mempermudah proses bisnis yang selama ini dinilai berbelit-belit. "Yang tadinya sangat panjang dipangkas dan mengurangi human intervention," jelas Darmawan dalam acara peluncuran New PLN Mobile di Kantor Pusat PLN, Minggu (20/12).
Darmawan menambahkan, dengan membangun bisnis yang efektif dan unified streamline, PLN menghadirkan fitur-fitur baru. Dalam aplikasi yang baru nantinya para pelanggan dapat melakukan pembelian token listrik dan membayar tagihan, monitor penggunaan listrik.
PLN menggandeng empat Bank antara lain BRI, BNI, Mandiri dan BCA serta sejumlah layanan pembayaran digital seperti LinkAja, Ovo dan Gopay. Dengan aplikasi ini, pelanggan juga dapat melakukan pencatatan meter mandiri, mengajukan aduan hingga mendapatkan notifikasi terkait pemadaman dan pemeliharaan sistem listrik.
Tak hanya itu, bagi pelanggan yang hendak mengubah daya listrik kini juga dimungkinkan melalui aplikasi New PLN Mobile. Darmawan merinci, aduan dari para pelanggan selama ini langsung masuk ke sistem call center 123 milik PLN, namun kini aduan akan langsung masuk ke sistem lapangan dan tanpa ada human intervention.
Baca Juga: Kompor induksi dinilai dapat ungkit konsumsi listrik PLN
Sejumlah fitur juga diklaim dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, termasuk metode catat meter mandiri."Mungkin yang merasa selama ini mencatat kurang pas mereka punya kendali langsung," kata Darmawan.
Executive VP Corporate Communication & CSR PLN Agung Murdifi menuturkan layanan notifikasi terkait pemadaman dan pemeliharaan kini baru bisa dinikmati di wilayah Jawa, Madura dan Bali. "Nantinya akan dikembangkan hingga seluruh Indonesia," kata Agung.
Agung menjelaskan, notifikasi padam telah dikustomisasi sehingga hanya pada pelanggan yang terdampak saja informasi itu diberikan. PLN gunakan teknologi geospatial, sehingga posisi setiap pelanggan dapat diketahui dan informasi apa yang paling dibutuhkan dapat dikelola secara akurat.
Kedepannya, PLN merencanakan akan terus kembangkan New PLN Mobile menjadi Super Apps dengan menghadirkan layanan bisnis PLN lainnya seperti kelistrikan untuk kendaraan listrik, layanan perbaikan instansi listrik dalam rumah pelanggan (ListriQu) yang dimiliki anak usaha PLN.
Selanjutnya: Dukung ekosistem kendaraan listrik nasional, begini upaya yang dilakukan PLN
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News