kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertahankan market share di level 17%, begini strategi Astra Daihatsu Motor


Senin, 18 November 2019 / 20:47 WIB
Pertahankan market share di level 17%, begini strategi Astra Daihatsu Motor
ILUSTRASI. Booth Daihatsu pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Lesunya pasar otomotif nampaknya memang berdampak pada penjualan banyak Agen Pemegang Merek (APM), termasuk di antaranya PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Sepnajang Januari - Oktober 2019, ADM mencatatkan penjualan ritel (dari diler ke pengguna) sebesar 143.217 unit.

Pada periode yang sama tahun lalu, penjualan ritel ADM tercatat lebih tinggi, yakni sebanyak 160.981 unit. Artinya, terjadi penurunan sekitar 11,03%. Meski demikian, realisasi penguasaan pasar ADM tidak meleset jauh dari target. 

Baca Juga: Sepanjang Januari-Oktober 2019, Gaikindo catat penjualan 847.164 unit

Mengacu kepada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil sepanjang Januari - Oktober 2019 tercatat sebesar 847.164. Artinya, realisasi penguasaan pasar ADM di sepuluh bulan pertama tahun mencapai sekitar 16,9% dari total penjualan, meleset sedikit dari target penguasaan pasar ADM yang sebesar 17%..

Corporate Planning and Communicatio Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Elvina Afny mengatakan ADM masih tetap pada pendiriannya untuk mempertahanan target penguasaan pasar sebesar 17%. Caranya, ADM akan meningkatkan pelayanan yang diberikan dengan cara berfokus pada empat aspek key purchasing index, seperti produk, jaringan penjualan, layanan purnajual, dan harga.

Pada sisi harga, ADM akan terus menyediakan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pembeli. Untuk mendukung hal ini, ADM akan terus melakukan survey internal guna mengetahui kebutuhan calon pembeli. 

Data survey yang telah terkumpul akan diproses secara lebih lanjut oleh divisi research and design ADM agar produk yang ada tetap memiliki standar keamanan yang baik dan cocok untuk medan jalanan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Targetkan penjualan 1.505 unit, Astra Auto Fest tawarkan banyak promo

Asal tahu saja, ADM saat ini memilki fasilitas test drive  yang di dalamnya terdapat 24 jenis jalan yang ada di Indonesia. Melalui fasilitas tersebut, ADM bisa mengkaji kecocokan produk yang akan diluncurkan dengan medan yang ada di Indonesia.

Pada sisi jaringan penjualan, ADM bekerja sama dengan Astra International Daihatsu Sales Operation (AI DSO) untuk terus memperbanyak titik diler di seluruh Indonesia. Elvina mengklaim saat ini titik-titk jaringan penjualan tersebut bahkan sudah memasuki tingkat kabupaten.

“Istilahnya sudah melampaui tier tiga, sudah ke tier 4,” ujar Elvina pada Senin (18/11).

Hal ini akan dibarengi dengan peningkatan layanan aftersales baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Berdasarkan data terkini ADM, ADM saat ini memiliki 244 jaringan penjualan, 188 bengkel, dan 3.204 partshop.

Sementara itu, dari segi harga, ADM bekerja sama dengan semua value chain termasuk astra value chain membuat program-program dan DP dan cicilan itu terjangkau.

“Kami juga menyediakan part-part Daiihatsu yang kami punya yang namanya DVP (Daihatsu Value) Part, dimana DVP ini memiliki kualitas yang sama dengan yang the real genuine yang level satunya,” jelas Elvina.

Baca Juga: Harga Xpander Cross lebih mahal, pamor Toyota Rush bisa naik

Selagi hal tersebut dilakukan, ADM akan terus mengembangkan brand value agar lebih dekat dengan calon pembeli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×