kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Pertahankan pertumbuhan penjualan, Metrodata (MTDL) diversifikasi bisnis


Selasa, 12 Mei 2020 / 17:17 WIB
Pertahankan pertumbuhan penjualan, Metrodata (MTDL) diversifikasi bisnis
ILUSTRASI. Direktur Metrodata: Direktur Metrodata Randy Kartadinata. KONTAN/Baihaki/31/7/2019

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) berupaya meningkatkan laju bisnisnya di tengah pandemi corona dengan melaksanakan diversifikasi bisnis. Meski ada sentimen corona, mereka mampu membukukan pertumbuhan pendapatan dan laba di triwulan I 2020. 

Melansir laporan keuangannya di kuartal I 2020, MTDL mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar Rp 3,4 Triliun  atau naik 4,9% yoy dan net profit sebesar Rp 94,3 miliar atau naik 10,1% yoy.  

Baca Juga: Ditopang WFH, kinerja Metrodata Electronics (MTDL) moncer di kuartal I 2020

Randy Kartadinata, Direktur MTDL menyatakan pertumbuhan yang dibukukan MTDL di kuartal I 2020 didukung dengan adanya upaya diversifikasi yang dilakukan masing-masing unit bisnis.

“Unit bisnis Solusi melakukan penjualan kepada berbagai industri sehingga risiko tagihan tersebar luas, dan tagihan kepada industri yang terdampak wabah Covid-19 ini tidak signifikan," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (12/5). 

Demikian pula untuk unit bisnis lainnya yakni Distribusi melakukan penjualan yang tersebar ke 4.000 dealer sehingga meminimalkan terjadinya konsentrasi tagihan pada dealer-dealer tertentu.

Selain itu, Randy menyatakan Metrodata mampu menjaga kelangsungan supply dari inventory di tengah pandemi Covid-19 ini sehingga mendukung laba kotor menjadi lebih sehat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Mitra Keluarga (MIKA) jadi salah satu saham yang defensif terhadap dampak corona

Adapun total aset lancar Metrodata tercatat 2,5x dibanding kewajiban lancar, sehingga menurut Randy jika diperlukan, MTDL sewaktu-waktu dapat melunasi hutangnya. 

Sementara itu pinjaman ke bank sangat minimum sebesar Rp226 miliar dengan rasio hutang terhadap modal (DER) hanya sebesar 0,1x, sehingga kemampuan pinjaman untuk mengembangkan perusahaan masih terbuka lebar. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×