kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertahankan volume penjualan, begini strategi DFSK


Selasa, 19 November 2019 / 12:12 WIB
Pertahankan volume penjualan, begini strategi DFSK
ILUSTRASI. DFSK Gelar Customer Gathering Pertama.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif masih lesu hingga Oktober 2019. Mengacu kepada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan  mobil secara ritel (dari diler ke konsumen) tercatat sebesar 847.164 unit sepanjang Januari - Oktober 2019.

Sebagai perbandingan, penjualan ritel mobil di periode yang sama di tahun sebelumnya mencapai 945.159 unit. Artinya, terjadi penurunan sekitar 10,36% secara tahunan (year-on-year/yoy).

Baca Juga: Tiket MotoGP di Mandalika sudah dapat dibeli lewat pre-booking pada 23 November 2019

Kendati demikian, kelesuan yang sama agaknya tidak menghambat laju volume penjualan dari Agen Pemegang Merek (APM) baru seperti PT Sokonindo Automobile (DFSK). Pada bulan Oktober 2019, DFSK mencatatkan penjualan ritel sebanyak 402 unit dengan rincian DFSK Glory 580 sebanyak 40 unit, Glory 560 175 unit, dan Supercab 187 unit. Angka ini bertumbuh sekitar 

Sementara itu secara kumulatif, DFSK mencatatkan penjualan ritel sebanyak 2.489 unit Sepanjang Januari - Oktober 2019. Padahal, penjualan ritel DFSK di periode yang sama tahun sebelumnya hanya mencapai 620 unit. 

Dengan kata lain, penjualan ritel DFSK mengalami kenaikan sekitar 301,45% secara yoy pada penjualan ritel DFSK di sepuluh bulan pertama tahun ini.

PR and Digital Manager Sokonindo, Arviane Dahniarny mengatakan kenaikan penjualan salah satunya dipicu oleh kehadiran DFSK Glory 560 yang baru diluncurkan pada April 2019 lalu serta kinerja penjualan Glory Supercab. 

Kalau melihat data internal penjualan ritel DFSK, penjualan ritel DFSK memang didominasi oleh penjualan Supercab (49%) dan Glory 560 (32%). Sementara itu, sebanyak 19% sisanya ditunjang oleh penjualan Glory 580.

Baca Juga: Pertahankan market share di level 17%, begini strategi Astra Daihatsu Motor

Menurut Arviane, DFSK tidak memiliki target untuk mengejar penguasaan pasar di angka tertentu. “Kami tidak ada target spesifik karena kami juga kan masih men-develop diler,” ujar Arviane kepada Kontan.co.id (18/11). 

Kendari demikian, Ia mengatakan bahwa DFSK akan berupaya untuk menjaga volume penjualan di kisaran 400-500 unit setiap bulannya. Caraya, DFSK akan terus melakukan upaya canvassing dengan mendatangi langsung area-area komersil untuk menyasar customer fleet serta menggelar berbagai acara seperti exhibition dan test drive di mall serta pusat keramaian lainnya untuk menyasar customer ritel.

Selain itu, DFSK juga akan meluncurkan satu produk baru pada kuartal pertama 2020, yakni DFSK Glory Auto yang sebelumnya pernah diperkenalkan pada gelaran GIIAS 2019 beberapa waktu lalu.

Sayangnya, Arviane masih belum mau membocorkan informasi lebih lanjut seputar rencana tersebut. “Detailnya masih belum bisa kami berikan sekarang,” ujar Arviane.

Baca Juga: Sepanjang Januari-Oktober 2019, Gaikindo catat penjualan 847.164 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×