kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina & CPC Taiwan menyiapkan pabrik nafta


Kamis, 16 Agustus 2018 / 14:32 WIB
Pertamina & CPC Taiwan menyiapkan pabrik nafta
ILUSTRASI. Logo Pertamina


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan energi dan petrokimia asal Taiwan, CPC Taiwan, berniat membangun pabrik petrokimia di Indonesia. Untuk membangun pabrik petrokimia ini, CPC menawarkan kerjasama dengan induk usaha BUMN sektor migas, PT Pertamina.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Gigih Prakoso, menyatakan CPC Taiwan memang ingin berinvestasi di Indonesia dan akan menjalin kerjasama dengan Pertamina. "CPC menawarkan kerjasama kepada Pertamina untuk membangun naphtha cracker," ungkap Gigih ke KONTAN, Rabu (15/8).

Bentuk kerjasama ini sudah dituangkan dalam dokumen memorandum of understanding (MoU). Gigih tidak menyebutkan kapan MoU tersebut ditandatangani. Dia hanya menyatakan, CPC Taiwan dan Pertamina berencana membangun naphtha cracker dengan nilai investasi US$ 5 miliar.

Kedua perusahaan itu belum menetapkan lokasi pembangunan pabrik petrokimia tersebut. "Lokasi pabrik masih dalam kajian, bisa di Tuban atau Balongan" ungkap Gigih. Sebelumnya beredar informasi, pabrik naphtha cracker tersebut akan dibangun di Tuban, Jawa Timur. 

CPC Taiwan tengah mencari lokasi untuk membangun pabrik naphtha cracker baru di Indonesia. Kelak, pabrik ini akan memproduksi bahan dasar untuk berbagai produk seperti botol, pipa air, kantong plastik, industri tekstil dan peralatan properti.

Sejauh ini, Gigih belum bersedia mengungkapkan rencana produksi dari kilang naphtha cracker yang akan dibangun kongsi Pertamina dan CPC Taiwan. Sebagai gambaran, saat ini CPC  Taiwan memiliki pabrik petrokimia di Linyuan Petrochemicals Complex di Kaohsiung, Taiwan.  

Selain di Kaohsiung, CPC Taiwan memiliki pabrik di Taoyuan dan Dalin (Taiwan). Kapasitas produksi petrokimia CPC meliputi material mentah yang terdiri dari 1,07 juta ton etilena, 1,19 juta ton propilena, 158.000 ton butadiena, 274.000 ton benzena, 321.000 ton toluena, dan 507.000 ton xilena. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×