kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina dan Eximbank Korea Selatan teken framework agreement US$ 1,5 miliar


Kamis, 04 Juli 2019 / 07:18 WIB
Pertamina dan Eximbank Korea Selatan teken framework agreement US$ 1,5 miliar


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) dan Eximbank Korea Selatan sepakat menandatangani Framework Agreement (FA) senilai US$ 1,5 milliar. FA tersebut dimaksudkan untuk mendukung proyek-proyek Pertamina diantaranya modernisasi dan pembangunan kilang yang dikenal dengan Proyek Refinery Development Masterplan Program (RDMP) dan New Grass Root Refinery (NGRR).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan, inisiasi FA ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dibangun sebelumnya dengan beberapa mitra dari Korea Selatan. Seperti Hyundai dan SK yang tergabung dalam joint operation (JO) pekerjaan EPC RDMP Balikapan.

"Dengan framework agreement ini diharapkan akan semakin mempermudah kerjasama yang melibatkan mitra potensial lain dari Korea Selatan, terutama dalam proyek RDMP Balikpapan," kata Fajriyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/7).

Menurut Fajriyah, kerjasama ini akan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak dan Pertamina berkomitmen untuk menjamin availability, accessibility, & affordability energi nasional. "Kerjasama yang erat antara Pertamina dengan berbagai mitra pembiayaan dari Korea Selatan akan semakin memperkuat pelaksanaan proyek RDMP Balikpapan sesuai dengan target yang ditetapkan," sambungnya.

Penandatanganan FA dilakukan oleh Direktur Keuangan Pertamina, Pahala N. Mansury dan CEO Eximbank (Kexim), Eun Sung-Soo di sela-sela pertemuan 2019 Pertnership Forum - Oil and Gas Downstream Indonesia, di Seoul, Korea Selatan, Selasa (2/7). 

Sebagai kelanjutan dari penandatangan kerjasama tersebut, pemerintah Indonesia dan Korea melalui Pertamina dan Kexim juga menggelar acara Vendor Day pada tanggal 2 Juli-3 Juli 2019. Kegiatan yang menggandeng pelaku usaha bidang konstruksi dari Indonesia & Korea ini berhasil menarik sekitar 250 orang dari 38 perusahaan Indonesia dan 60 perusahaan Korea. Dari kegiatan ini diharapkan ada kolaborasi kerjasama antara vendor dari kedua negara.

Dengan mempertemukan pelaku usaha dari kedua belah pihak, Pertamina juga berharap akan mendukung program TKDN Pemerintah dalam pengembangan proyek RDMP Balikpapan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×