kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Fokuskan Percepatan UMK Naik Kelas


Rabu, 08 September 2021 / 10:38 WIB
Pertamina Fokuskan Percepatan UMK Naik Kelas
ILUSTRASI. Kontan - Pertamina Kilas Industri


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta Ajang Pertamina UMK Academy 2021 berlangsung semakin intens. Para peserta yang semula diberikan pembekalan secara kolektif, kini diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para mentor. Total sebanyak 219 peserta dari semua kelas melaksanakan coaching one by one yang berlangsung selama tiga hari mulai Rabu (1/9) hingga Kamis (3/9). 

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, tujuan dilakukan pembinaan satu per satu yakni agar mitra binaan bisa fokus pada target dan tujuan masing-masing. “Para UMK bisa bebas bertanya dan berdiskusi terkait perkembangan usahanya seperti apa dan mentor bisa memberi masukan lebih fokus,” tuturnya.

Ratusan peserta UMK Academy 2021 tersebut didampingi total 10 fasilitator. Pertamina menggandeng MarkPlus Institute untuk menugaskan para Exclusive Fasilitator yang dimiliki agar bisa mendampingi para mitra binaan. Para fasilitator yang dipilih juga disesuaikan dengan kelas-kelas dalam program UMK Academy.

Pada kelas Go Modern misalnya, fasilitatornya yakni Samsul Arifin dan Irfa Kodri. Selanjutnya untuk kelas Go Online terdapat 3 fasilitator yakni Eka J. Budhiman, Aurelius Kuhuwael, dan Nila Kresna. Untuk kelas Go Online didampingi oleh Alya Mirza, Satya Bilal, dan Rininta Hanum. Terakhir untuk kelas Go Global dengan fasilitator Wiwit A.B. dan Arfani.

“Pada sesi ini, peserta akan diberikan kebebasan untuk bertanya, menyampaikan hambatan usaha, dan curhat apapun tentang usahanya secara face to face dengan 1 mentor. Kemudian para mentor akan mencoba beri solusi kemudian dilihat perkembangannya pada pertemuan selanjutnya,” jelas Fajriyah.

Salah satu peserta coaching, Ratih Ardianti mengaku senang dengan pembinaan dengan metode tersebut. Pemilik usaha CV. Denara Duta Mandiri di Denpasar, Bali ini sebelumnya mengaku mengalami beberapa kendala pada usahanya di masa pandemi. “Salah satunya kendala pada hal pengaturan keuangan. Rencana kedepan akan kolaborasi dengan influencer untuk memperluas pemasaran,” tuturnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Dayang Joyce. Pemilik usaha Sultan Coffeshop di Samarinda ini banyak melakukan inovasi pada usahanya di masa pandemi COVID-19. “Saya mendapat saran untuk inovasi produk yang banyak dicari pada saat ini, salah satunya wedang jahe. Sudah saya buat dan sedang dikembangkan agar bisa dikemas secara praktis untuk dibawa kemana-mana,” katanya.

Menurut Fajriyah, melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. 

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan, demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×