kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS928.000 1,42%
  • RD.SAHAM 0.48%
  • RD.CAMPURAN 0.24%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pertamina Hulu Mahakam bakal revisi target produksi di kuartal II-2020


Minggu, 10 Mei 2020 / 21:18 WIB
Pertamina Hulu Mahakam bakal revisi target produksi di kuartal II-2020
ILUSTRASI. Pertamina Hulu Mahakam

Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang kuartal I 2020 lalu Pertamina Hulu Mahakam mencatatkan raihan apik sisi produksi minyak dan gas bumi. Kendati demikian, PHM berencana memangkas produksi memasuki kuartal II tahun ini.

General Manager PHM John Anis mengungkapkan, produksi di kuartal II berpotensi turun menyusul kondisi kapasitas penampung di Kilang Bontang yang diproyeksikan mengalami high inventory. "Kami mau tidak mau turunkan produksi demi hindari masalah safety di Bontang," tutur John kepada Kontan.co.id, Minggu (10/5).

Baca Juga: Begini nasib perusahaan BBM swasta di tengah wabah corona dan penurunan harga minyak

Kendati demikian, John belum bisa merinci seberapa besar penurunan produksi di akhir semester I ini. Sebelumnya, PHM sepanjang kuartal I 2020 melampaui target teknis Work Program & Budget (WP&B) yang dicanangkan. Adapun, produksi minyak PHM mencapai 30,34 kbpd melebihi target sebesar 28,43 kbpd. Sementara produksi gas tercatat sebesar 658,5 mmscfd atau melampaui target sebesar 590 mmscfd.

John Anis menjelaskan, capaian positif produksi merupakan imbas dari penambahan sejumlah sumur baru yang selesai dibor pada 2019 dan telah mulai berproduksi pada awal tahun ini, serta upaya pemeliharaan sumur-sumur (work over & well services) yang ada.

Selain raihan positif sisi produksi migas, kontribusi terhadap penerimaan negara juga masih berada di atas target yang ditetapkan. "Dari sisi pendapatan, bagi hasil untuk Pemerintah RI adalah US$ 216,58 juta, masih di atas target WP&B 2020 yakni US$ 199,37 juta," ungkap John seperti dikutip dari rilis yang diterima Kontan.co.id, belum lama ini.

Baca Juga: Pertamina berharap program diskon dan cashback dapat meningkatkan penjualan BBM

Selain penurunan produksi, PHM juga memastikan bakal merevisi jumlah target pengeboran pada tahun ini. Sedianya, PHM menargetkan pengeboran 117 sumur di tahun ini. Jumlah tersebut bakal direvisi menjadi hanya 88 pengeboran sumur.

"Kami mengurangi jumlah sumur yang akan di bor tahun ini dari 117 sumur ke 88 sumur serta mengurangi rig yang dipakai dari 4 menjadi 2 rig. Ini untuk mengurangi belanja modal. Sudah kami revisi," tandas John.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×