Reporter: Petrus Dabu | Editor: Edy Can
JAKARTA. PT Pertamina (Persero) kembali memperluas pemasaran produk pelumasnya. Pada Senin (9/1) kemarin, mereka menyatakan segera memperluas pasar di Negeri Panda alias China.
"China merupakan negara ke 19 pemasaran pelumas Pertamina di luar negeri. Pangsa pasar China mencapai 10 kali lebih besar dari pasar Indonesia," ujar Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan.
Tak tanggung-tanggung, Pertamina akan berjualan peluas di 26 provinsi di seluruh China. Mereka akan menggeber penjualan Pertamina Fastron, di China dijual dengan merek Pertamina SuTeLong. Maklum Fastron adalah produk pelumas unggulan Pertamina setelah mendapat pengakuan raksasa otomotif seperti Mercedez Benz dan BMW.
Di China Fastron akan dijual dalam bentuk kemasan empat dan lima liter. Pemasaran Fastron di China memiliki beberapa varian, Fastron Gold 5W-30, Fastron Techno 15W-50 dan 10W-40 untuk kendaraan berbahan bakar bensin serta Fastron Diesel 15W-40 untuk kendaraan berbahan bakar solar.
Keren menambahkan, sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di dunia, pertumbuhan ekonomi China yang saat ini maju cukup pesat menjadi peluang baik bagi Pertamina untuk dapat meraih target penjualan hingga satu juta liter pada tahun pertama.
Dengan perkiraan pertumbuhan kendaraan di China mencapai 6%-7 % per tahun, harapan Pertamina, pada 2015 bisnis pelumas Pertamina di China dapat mencapai hingga 5 juta liter per tahun."Dengan kualitas produk dan layanan yang kami tawarkan, kami cukup optimis pasar China dapat menerima produk Pertamina," ujar Karen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News