kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina NRE akan Pasok 570 MW Kebutuhan Energi Bersih Kilang Tuban


Kamis, 21 April 2022 / 19:16 WIB
Pertamina NRE akan Pasok 570 MW Kebutuhan Energi Bersih Kilang Tuban
ILUSTRASI. Kilang Tuban, Jawa Timur.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina New Renewable Energi (NRE) bakal memasok kebutuhan energi bersih di Grass Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban mencapai 570 MW.

Kerjasama ini dipastikan dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA) antaraa Pertamina NRE dengan Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) pada Senin (18/4) lalu.

Dalam kerja sama strategis ini, Pertamina akan memenuhi kebutuhan tenaga listrik, uap, dan air GRR Tuban melalui pengembangan cogeneration and desalination plant. Pembangkit listriknya berbasis LNG yang didesain dengan kapasitas 570 MW dan uap dengan kapasitas 84 hingga 1.156 ton per jam tergantung pada tekanan.

LNG akan dipasok dari Pertamina Gas Negara (PGN). Proyek ini ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2026. Pertamina NRE akan menggandeng mitra strategis dalam proyek ini.

Pembangkit listrik yang menggunakan tenaga LNG memiliki kelebihan, yaitu emisi karbon yang lebih rendah. Pemanfaatan LNG sangat tepat dalam menjawab kebutuhan di masa transisi energi di mana pengembangan energi terbarukan belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan energi nasional. Hal ini sejalan dengan semangat Pertamina untuk melakukan transisi energi yang stabil dan berkelanjutan.

Baca Juga: PGE Buka Peluang Kemitraan Strategis Pengembangan Pembangkit Panas Bumi

“Sebagai pemegang mandat transisi energi, Pertamina NRE fokus untuk melakukan transisi bisnis Pertamina, dan memastikan transisi energi berjalan baik. Sebagai induk usaha, Pertamina akan selalu mengawal dan mendukung, karena ini bisnis masa depan dan tanggung jawab kita bersama,” tutur Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Kamis (21/4).

Asal tahu saja, Gas to power adalah salah satu portofolio energi bersih Pertamina NRE. Pengalaman proyek gas to power Pertmaina NRE salah satunya adalah PLTGU Jawa-1 di Cilamaya, Jawa Barat, yang merupakan PLTGU terintegrasi terbesar di Asia tenggara dengan kapasitas 1.760 MW. Proyek ini ditargetkan beroperasi tahun ini. Pertamina NRE berkomitmen dan fokus memimpin transisi energi melalui penyediaan energi bersih di internal Pertamina. Tahun ini Pertamina NRE menargetkan kapasitas terpasang mencapai di atas 100 MW.

“Proyek GRR Tuban adalah salah satu proyek strategis nasional untuk mewujudkan kemandirian energi. Pertamina NRE merasa bangga dapat berkontribusi menyediakan pasokan untuk kebutuhan energi listrik, uap, serta  dalam proyek ini. Dengan kompetensi dan pengalaman dalam pengembangan gas to power, kami akan memberikan hasil terbaik,” ujar CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro.

Proyek GRR Tuban merupakan salah satu mega proyek Pertamina yang mengintegrasikan kilang minyak dengan kompleks petrokimia. GRR Tuban didesain dengan kapasitas pengolahan minyak mentah sebesar 300 ribu barel per hari, akan memproduksi BBM sebesar 230 ribu barel per hari secara total, dan produk petrokimia dan aromatik sebesar 4.1 juta ton per tahunnya. Ditargetkan proyek ini beroperasi pada tahun 2027. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×