kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina: Peralihan saham Elnusa sejalan dengan program restrukturisasi


Senin, 06 September 2021 / 21:08 WIB
Pertamina: Peralihan saham Elnusa sejalan dengan program restrukturisasi
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat Pertamina di Jakarta Pusat.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina memastikan peralihan saham PT Elnusa Tbk (ELSA) ke Pertamina Hulu Energi sejalan dengan program restrukturisasi yang tengah dilakukan.

Pjs SVP Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengungkapkan dengan restrukturisasi maka unit bisnis Pertamina semakin lincah, efisien serta fokus pada segmen bisnis masing-masing.

Fajriyah pun memastikan peralihan saham ELSA tak bakal mengubah pola bisnis dan pengendalian yang ada. "Karena saham mayoritas PHE dimiliki Pertamina sehingga secara tidak langsung Pertamina tetap menjadi pemegang saham pengendali PT Elnusa Tbk," jelas Fajriyah kepada Kontan, Senin (6/9).

Baca Juga: Peralihan saham Elnusa ke subholding hulu bakal dorong bisnis migas Pertamina

Fajriyah menambahkan, dengan peralihan saham ini maka segmen bisnis hulu diharapkan dapat semakin terintegrasi. Selain itu, Pertamina juga kini masih mengkaji opsi-opsi lain dalam pengembangan bisnis di sektor hulu.

Fajriyah menegaskan, langkah peralihan saham bakal berdampak positif baik bagi Pertamina Hulu Energi maupun bagi Elnusa dan unit bisnis lain yang ada di subholding hulu.

 

Ketika ditanyai mengenai kemungkinan peralihan saham Elnusa sebagai bagian dari persiapan IPO, Fajriyah tak menjawab secara gamblang. yang jelas, opsi pencarian dana diakui dapat lebih mudah dilakukan dengan konsolidasi aset di subholding hulu.

"Dengan konsolidasi aset hulu di tangan Subholding Upstream, maka akan lebih mudah bagi perusahaan melakukan pengembangan bisnis hulu ke depannya, termasuk mendapatkan pendanaan dengan berbagai mekanisme," pungkas Fajriyah.

Selanjutnya: Analis: Peralihan saham ke subholding hulu bakal dorong kinerja Elnusa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×